• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat melakukan Penyuluhan Kesehatan di MI Rhaudatul Mutaalimin

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 21 November 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 103

FIKES UPNVJ- Pada Hari Senin, tanggal 23 September 2019.Telah diadakannya Penyuluhan  Kesehatan oleh Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Lokasi kegiatan bertempat di MI Raudhatul Muta’alimin, Limo, Depok. Penyuluhan dilaksanakan oleh 8 Mahasiswa Kelompok 1 Promosi Kesehatan Sekolah kelas 3D Program Studi Kesehatan Masyarakat, dengan Ibu Rahmah Hida Nurrizka, SKM, MKM sebagai dosen pembimbing kegiatan penyuluhan kesehatan ini. Sasaran dari kegiatan penyuluhan kesehatan ini adalah siswa kelas 1 MI Raudhatul Muta’alimin. Tema yang dipilih oleh kelompok adalah “Kesehatan Gigi dan Mulut” dengan sub pokok pembahasan, “Cara menggosok gigi yang baik dan benar.

rahma.jpg

Rangkaian acara kegiatan yang dilaksanakan meliputi sesi pembukaan dan perkenalan, pemberian materi oleh mahasiswa mengenai pentingnya menggosok gigi yang baik dan benar, dilanjutkan dengan demonstrasi atau praktik menggosok gigi yang baik dan benar oleh mahasiswa dan siswa dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Selain itu, sasaran juga diminta untuk mengisi tes sebelum (pretest) dan sesudah (post test) kegiatan penyuluhan. Kelompok menggunakan media laptop dengan masing-masing 2 orang perwakilan kelompok untuk menyampaikan materi kepada lima hingga tujuh siswa. Penyampaian materi juga menggunakan lagu mengenai menggosok gigi dan flyer bergambar sehingga dapat menarik antusias siswa.

rahma2.jpg

Kelompok memiliki target 70%, dimana sasaran dapat memahami apa yang telah kelompok jelaskan seperti, Apa saja bagian terpenting dari mulut, Makanan apa saja yang tidak dapat menyebabkan gigi berlubang, Urutan langkah-langkah menggosok gigi yang baik dan benar, Apa yang terjadi jika kita rajin menggosok gigi, dan kebiasaan apa yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Dari test  yang telah dibagikan oleh kelompok untuk diisi oleh siswa. Maka didapatkan hasil bahwa tingkat pengetahuan yang dimiliki oleh siswa-siswi MI Rhaudatul Mutaalimin telah mencapai target sasaran yaitu 79,2% dari 70% target yang telah ditentukan.

rahma1.jpg

Informasi