• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra "Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Penanggulangan Gempa Bumi dengan Penerapan Tas Siaga Bencana dan Pelatihan Siaga Bencana"

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 78

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 21 April 2024 pukul 10.00-12.00 WIB telah berlangsung kegiatan Penyuluhan Mitigasi Bencana dengan topik “Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Penanggulangan Gempa Bumi Dengan Penerapan Tas Siaga Bencana dan Pelatihan Siaga Bencana”. Kegiatan ini dilakukan secara offline di Posyandu Merpati RT 10/RW 01, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan penyuluhan mitigasi bencana ini yaitu 30 peserta yang terdiri dari bapak dan ibu warga RT 10 dan RT 02. Tujuan kegiatan penyuluhan mitigasi bencana ini adalah untuk memberikan pengalaman secara langsung kepada Masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terutama di bidang kesehatan matra terkait penanggulangan bencana gempa bumi, selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk pengaplikasian dari pengabdian kepada Masyarakat.

Screenshot_2024-05-08_124544.png

Rangkaian kegiatan terdiri dari 3 sesi yaitu, pemaparan materi 1: “Tas Siaga Bencana”, pemaparan materi 2: “Evakuasi Diri Pada Bencana Gempa Bumi”, dan yang terakhir adalah “Simulasi Evakuasi Diri Pada Bencana Gempa Bumi”. Acara diawali dengan pengisian pre test oleh audience pada link yang sudah diberikan panitia melalui barcode yang telah disiapkan. Pertama, acara dibuka oleh Syahidatul Zuhri’ah selaku MC dari kegiatan Mitigasi Bencana Gempa Bumi, lalu pembacaan tata tertib acara dan rundown acara serta pemutaran lagu Indonesia Raya dan lagu Mars Bela Negara. Lalu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama oleh Ns. Rycco Darmareja, S.Kep., M.Kep. selaku dosen pembimbing dari kegiatan Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Sambutan yang kedua oleh Bapak Karmin selaku ketua RT 10.

Screenshot_2024-05-08_124608.png

Setelah sambutan, MC Syahidatul Zuhri’ah memperkenalkan diri kembali selaku moderator acara Mitigasi Bencana Gempa Bumi. lalu dilanjutkan dengan memperkenalkan pemateri pertama yaitu Dwi Alfianti Agustin dan Nurul Putri Utami dengan materi 1 : “Tas Siaga Bencana”. Sesi selanjutnya yaitu memperkenalkan pemateri kedua Bella Salsabila Putri dan Mahessea Wira Madha dengan materi 2 : “Evakuasi Diri Pada Bencana Gempa Bumi”. Setelah selesai pemaparan materi kedua mengenai pentingnya sistem peringatan gempa bumi dan cara evakuasi, kemudian dilanjut dengan pengisian post test yang dipandu oleh Syahidatul Zuhri’ah selaku MC dan pengisian post test oleh warga dibantu seluruh panitia untuk meminimalkan keterlewatan. Selanjutnya sesi ketiga, yaitu penyerahan sertifikat kepada Ketua RT 10 Kelurahan Limo oleh dosen pembimbing project mitigasi bencana, yaitu Ns. Rycco Darmareja, S.Kep., M.Kep. Penyerahan sertifikat diserahkan kepada RT 10 sebagai perwakilan RW dikarenakan Kepala RW harus segera meninggalkan tempat kegiatan untuk keperluan lain. Setelah penyerahan sertifikat, dilanjutkan dengan dokumentasi foto bersama mahasiswa beserta peserta.

Screenshot_2024-05-08_124651.png

Selanjutnya melangkah pada penutupan acara, MC mengarahkan kepada seluruh peserta untuk segera bersiap melakukan simulasi evakuasi gempa bumi. Simulasi evakuasi gempa bumi dipimpin oleh Bella Salsabila Putri dan Mahessea Wira Madha. Satu orang peserta dipilih untuk berperan sebagai ketua koordinator yang menggiring peserta untuk segera ke titik kumpul saat sirine berbunyi dan segera menghubungi satgas tanggap darurat. Setelah simulasi evakuasi gempa bumi selesai, peserta diperbolehkan untuk meninggalkan tempat kegiatan atau mendatangi panitia untuk dilakukan pengecekan gula darah sewaktu secara gratis.

Harapan masyarakat setelah dilakukannya kegiatan mitigasi bencana adalah institusi sekitar dapat memberikan fasilitas berupa tempat evakuasi dan alat peringatan dini agar nantinya seluruh masyarakat di lingkungan RT 10 menjadi lebih memahami risiko gempa bumi beserta pencegahannya untuk meminimalisir dampak buruk gempa bumi.

Link Video Hasil Mitigasi :

Informasi