• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Project Mitigasi Kesehatan Matra “Kesehatan Matra Tanggap Bencana, Bantuan Hidup Dasar pada Atlet”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 63

FIKES UPNVJ –  Pada 29 April 2024 telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan  terkait edukasi tanggap bencana untuk atlet basket. mengusung  tema “Kesehatan Matra Tanggap Bencana, Bantuan Hidup Dasar pada Atlet” dengan menetapkan penyuluhan berjudulkan “Edukasi Pertolongan Bencana Alam BHD “Bantuan Hidup Dasar” Pada Atlet Basket”.

Screenshot_2024-05-08_101534.png

Kegiatan ini dihadiri  Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku dosen pembimbing kami  mata kuliah Fisioterapi Matra, dengan mahasiswa/i kelompok 6 Fisioterapi Fakultas Ilmu Kesehatan UPN ”Veteran” Jakarta, dan Klub Basket PMM UPN “Veteran” Jakarta, di Lapangan Basket Bale Mindo, Limo, Depok, Jawa Barat.

Screenshot_2024-05-08_101559.png

Kunjungan ini bertujuan yaitu untuk memberi wawasan tentang kesiapsiagaan dalam menerapkan kesehatan matra dalam kondisi tanggap bencana alam, Kegiatan ini berlangsung pada pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB secara langsung (offline). bertempatkan di Lapangan Basket Bale Mindo, Limo, Depok, Jawa Barat oleh dosen pembimbing mata kuliah matra Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO, Klub Basket PMM UPN “Veteran” Jakarta beserta mahasiswa/i kelompok 6 Program Studi Program Diploma Tiga UPN “Veteran” Jakarta.

Acara diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh Bella Liena Ayuningrum (2210702030) & Azizah Mutia Rahman (2210702058) selaku MC pada acara penyuluhan edukasi. Acara yang selanjutnya yaitu peserta diarahkan oleh Mc untuk mengisi link absensi dan melakukan tes pengetahuan berupa Pre-test tentang Bantuan Hidup Dasar.

Setelah peserta diarahkan untuk mengisi link presensi dan Pre-test. Kegiatan selanjutnya, yaitu pemaparan materi oleh Kolinka Kartika 2210702055, Siti Wulandari S.O 2210702050, M.Daffa Trinanda Pamungkas 2210702048, dan Imam Syafe'i 2210702014 selaku tim pemaparan tugas.

Setelah melakukan pemaparan oleh perwakilan kelompok 6, kegiatan selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Dari hasil penyampain materi kita, didapatkan beberapa peserta yang masih kurang paham, sehingga kami mendapatkan beberapa pertanyaan seperti “tindakan apa yang dilakukan jika ada korban yang tertimpa runtuhan dan mengalami fraktur pada kaki?” dan “dimana letak tepatnya saat melakukan RJP, dan bagaimana jika penolong tidak sanggup melakukan RJP?”

Setelah semua pertanyaan dijawab oleh pemateri, sesi tanya jawab selesai. dilanjutkan dengan penerapan RJP, dengan cara kami mengarahkan peserta untuk berpasangan dan mempraktekkan teknik RJP yang telah dicontohkan oleh saudara Imam Syafe'i selaku pemateri.

Setelah melakukan praktek RJP. Penyampaian materi ditutup. Sebelum penutupan penyuluhan peserta diarahkan untuk mengisi link Post-test yang telah disediakan. Tepat pada pukul 17.30 acara penyuluhan “Edukasi Pertolongan Bencana Alam BHD “Bantuan Hidup Dasar” Pada Atlet Basket” ditutup oleh pembawa acara.

Link Video Hasil Mitigasi :

Informasi