• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PELITA : Pengabdian Masyarakat Edukasi Manajemen Hiperglikemi, Teknik Non-Farmakologi, Ketoasidosis, dan Luka Diabetes

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Mei 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 82

FIKES UPNVJ - Proyek turun lapangan ini merupakan tugas akhir mata kuliah Keperawatan Komunitas, Keperawatan Kritis, Keperawatan Gawat Darurat, dan Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori, dan Persarafan yang dilakukan dalam 1 hari yang sama, yaitu Jumat, 3 Mei 2024 pada pukul 14.00 – 16.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di AM Educenter, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok. Proyek ini mengusung tema "PELITA: Pengabdian Masyarakat Edukasi Manajemen Hiperglikemia, Teknik Non Farmakologis Ketoasidosis, dan Luka Diabetes Melitus". Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat dapat mengenali penyakit diabetes melitus beserta komplikasi dan kegawatdaruratannya serta manajemen luka & non farmakologis diabetes melitus. Selain itu, terdapat edukasi dan demonstrasi terkait materi secara langsung oleh mahasiswa dengan mengimplementasikan seluruh pemahaman yang telah dipelajari dalam mata kuliah tersebut.

WhatsApp_Image_2024-05-07_at_20.07.15.jpeg

Antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan ini sangat tinggi. Jumlah peserta yang pada awalnya ditargetkan sebanyak 30 orang, mengalami peningkatan pada saat pelaksanaan yaitu jumlah peserta hadir mencapai 50 orang. Tentunya pelonjakan jumlah peserta ini juga disebabkan karena mahasiswa memanfaatkan momentum dengan mengadakan kegiatan berbarengan dengan halal bihalal warga setempat.

WhatsApp_Image_2024-05-07_at_20.07.25.jpeg

Kegiatan dipandu oleh 2 MC dari mahasiswa yaitu Agustina Dwi Pangesti dan Rahman Aziz Haditama. Inti dari kegiatan ini adalah pemaparan materi mengenai penyakit diabetes melitus dari 4 aspek mata kuliah.  Mahasiswa yang bertugas memberikan materi diantaranya adalah Dea Fediana, Muthia Najwa Syihab Alwi, Akbar Ridho Rifai, dan Intan Prasetya Wulandari serta demonstrasi manajemen luka yang dibawakan oleh Nindya Pramesti Mardlatillah, Laura Anandita, dan Chatyla Putri Cika Ayu Setya. Di pertengahan sebelum pergantian materi terdapat sesi games. Selain itu, terdapat demonstrasi senam kaki sebagai salah satu langkah pencegahan komplikasi diabetes melitus.

WhatsApp_Image_2024-05-07_at_20.06.32.jpeg

Kegiatan dilanjut dengan sesi tanya jawab. Terdapat 2 peserta yang bertanya. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan penyerahan hadiah kepada penanya terbaik. Penyerahan sertifikat secara simbolis diberikan oleh Bapak Ns. Rycco Darmareja, S.Kep., M.Kep. selaku perwakilan dosen pembimbing kepada Bapak Ahmad Muzaki, M.Pd. selaku pemilik lembaga AM Educenter.

Di akhir kegiatan, terdapat pemeriksaan gula darah untuk para peserta yang ingin memeriksakan gula darahnya. Pemeriksaan dilakukan oleh 3 mahasiswa, yaitu Syafa Salsabila Meisya Rachmat, Intan Prasetya Wulandari, dan Indah Tri Wulandari.

Dengan adanya proyek turun lapangan ini, diharapkan mahasiswa/i UPN Veteran Jakarta serta masyarakat RT 1/RW 3 Kelurahan Meruyung, Depok dapat menjalin silaturahmi dan dapat berbagi ilmu yang telah dipaparkan oleh pemateri, serta kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat  terkait penyakit diabetes melitus.

Informasi