• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

SEMINAR STUNTING NUTRITION SHOW 2018

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 23 April 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 72

NUTRITION SHOW
Cegah Stunting! : “ Ciptakan Generasi Cerdas, Aktif, dan Produktif”.

Depok, Sabtu 21 April 2018 tempat di Kampus II Limo Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Himpunan Mahasiswa Jurusan S1 Ilmu Gizi mengadakan kegiatan Seminar & Workshop Tentang Cegah Stunting : Ciptakan Generasi Cerdas, Aktif dan produkti yang dihadiri oleh Mahasiswa S1 Ilmu Gizi terdiri dari 150 mhs yang hadir dan Dosen S1 Ilmu Gizi. 

Pendahuluan
Kekurangan gizi didefinisikan sebagai kekurangan, kelebihan ataupun ketidakseimbangan asupan nutrisi. Berdasarkan World Wide Organisasion (WHO), kekurangan gizi pada masa anak-anak merupakan ancaman paling mematikan bagi kesehatan masyarakat secara global. Kekurangan gizi pada masa anak-anak dapat menyebabkan berbagai macam dampak dalam jangka panjang, meliputi kelemahan dalam fisik, kognitif dan performa psikologi. Kekurangan gizi juga menyebabkan stunting.
Stunting merupakan kondisi tubuh seseorang terutama anak-anak dimana tubuh tidak dapat bertumbuh sesuai dengan umurnya, yaitu lebih pendek bahkan sangat pendek (kerdil). Penyebab utama terjadinya stunting adalah kurangnya asupan gizi pada janin ketika masih di dalam kandungan. Stunting sudah menjadi masalah yang serius dalam bidang kesehatan dan sudah sangat mendunia. Namun hal ini dapat diatasi dengan pemberian gizi yang seimbang di masa kehidupan selanjutnya, yaitu masa kanak-kanak. Masa kanak-kanak merupakan masa yang tepat untuk membangun pola makan yang lebih baik. Selain menyebabkan kekerdilan, stunting juga dapat menyebabkan perkembangan otak menjadi tidak sempurna yang mengakibatkan perkembangan kognitif dan IQ anak tersebut terhambat. Anak dengan stunting memiliki IQ yang 5-10 poin lebih rendah dibandingkan dengan anak yang normal. (Grantham-McGregor et al.,2007). Hal ini tentu menjadi kekhawatiran karena anak-anak merupakan generus penerus bangsa yang menjadi harapan bagi cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia.
Sehubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang stunting dan bahayanya bagi kesehatan, maka Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Gizi (HIMAGI) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta berencana mengadakan Nutrition Show yang berjudul Cegah Stunting! “Ciptakan generasi cerdas, aktif dan produktif” agar seluruh mahasiswa jurusan S1 Ilmu Gizi UPN “Veteran” Jakarta beserta mahasiswa delegasi dari universitas lain lebih memahami dan dapat menerapkan pedoman ini nantinya mulai dari lingkungan keluarga sampai lingkungan masyarakat.
Tujuan dari kegiatan ini adalah
a. Mengetahui lebih mendalam informasi dari paparan mengenai stunting dan bahayanya bagi kesehatan.
b. Menciptakan mahasiswa yang mengerti dan mampu menangani masalah stunting dari segi gizi.
c. Menjalin silaturahmi dan kerjasama dengan Universitas lain.
Pembicara
1. Firlia Ayu Arini, MKM.
2. Taufik Maryusman, S.Gz, M.Gizi, M.Pd
Sasaran : Mahasiswa Gizi UPNVJ serta Delegasi HMJ ILMAGI Wilayah 1 dan HMJ FIKES UPNVJ.
Bentuk Kegiatan : FGD (Focus Group Discussion).
Waktu : 07.30 s.d 13.45 WIB
Tema : Cegah Stunting! “Ciptakan Generasi Cerdas, Aktif, dan Produktif”.
Topik : Mengenal masalah gizi pada ibu dan anak dan kaitannya dengan Stunting.

14.jpg

1.jpg

3.jpg

4.jpg

2.jpg

5.jpg

8.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f