• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Sport Physiotherapy 3.0 Program Studi Fisioterapi Program Sarjana “Memulihkan Performa, Mengatasi Cedera : Peran Fisioterapi dalam Mendukung Runners”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 30 April 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 61

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu 27 April 2024 telah dilaksanakan Webinar Sport Physioterapi 3.0 dengan tema “Memulihkan Performa, Mengatasi Cedera : Peran Fisioterapi dalam Mendukung Runners”. Webinar ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Sarjana (HISFO) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Ketua pelaksana dari acara ini adalah Hana Kaamilah, MC Faiza Syifa Dzakira, dan moderator Ibu Kiki Rezki Faradillah, S.Ft., M. Biomed. Acara ini dilakukan untuk menambah wawasan para peserta, dan juga untuk mengetahui lebih dalam tentang fisioterapi dan perannya dalam mendukung para runners.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_13.45.33.jpeg

Webinar Sport Physioterapi 3.0 ini dihadiri oleh 136 peserta dengan 64 peserta SKP dan 72 peserta Non-SKP. Peserta yang hadir dalam acara ini terdiri dari mahasiswa fisioterapi, dosen fisioterapi, dan juga praktisi fisioterapi. Para peserta berasal dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Bali,NTB, Makassar, dan Sulawesi. Acara ini dibuka oleh MC pukul 08.00 WIB para peserta sudah ada yang bergabung dari pukul 07.00 WIB. MC memandu membaca doa, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjut dengan mendengarkan Mars Bela Negara.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_13.50.50.jpeg

Setelah mendengarkan lagu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu Hana Kaamilah, kemudian yang kedua oleh ketua HISFO yaitu Gibran Ghani, yang ketiga oleh Kepala Program Studi Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc., AIFO., dan sambutan terakhir sekaligus yang membuka acara adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yaitu Bapak Agustiyawan, SST.Ft, M.Fis, Ftr, AIFO. Setelah mendengarkan sambutan, semua hadirin melakukan sesi foto bersama yang dipandu oleh MC. Sesi foto bersama ini menggunakan 2 pose, yaitu pose formal dan pose Bela Negara.

Setelah melakukan foto bersama, MC menyerahkan acara ini kepada moderator kemudian MC membacakan terlebih dahulu CV dari Ibu Kiki Rezki Faradillah, S.Ft., M. Biomed. Kemudian acara ini dipandu oleh beliau. Pembicara pertama adalah Bapak Joko Purwadi, S. Tr. Kes, beliau adalah Pengurus Bidang Advokasi dan Pelayanan Profesi Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI). Beliau membawakan materi tentang sejarah fisioterapi dan tahapan membuat STR bagi lulusan Fisioterapi. Sebelum memasuki materi bapak Joko Purwadi, S. Tr. Kes, meminta peserta untuk mengisi pre-test yang telah disiapkan oleh beliau. Setelah sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah penjelasan materi selesai, bapak Joko Purwadi, S. Tr. Kes meminta peserta mengisi post-test yang telah disiapkan. Setelah semua selesai mengisi post-test moderator mengambil alih yaitu dengan membacakan kesimpulan yang disampaikan oleh pemateri I. Setelah itu moderator mengarahkan untuk melakukan penyerahan sertifikat pembicara secara simbolis dan tidak lupa untuk di dokumentasikan.

WhatsApp_Image_2024-04-30_at_13.51.06.jpeg

Selanjutnya, Pemateri ke II yang akan dipaparkan oleh Bapak Heri Wibisono, S.Pd., M.Si., AIFO. Beliau merupakan Dosen Fisioterapi UPN “Veteran” Jakarta. Beliau memaparkan materi tentang Patoanatomi dan Fisiologi Cedera Ankle pada Pelari. Setelah menyampaikan materi  kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kemudian diambil alih oleh moderator yaitu dengan pembacaan kesimpulan. Tidak lupa pemberian sertifikat kepada pembicara sekaligus didokumentasi. Setelah pemaparan materi kedua ini moderator mengembalikan acara kepada MC dan dilanjutkan dengan ishoma selama 30 menit. Peserta diizinkan untuk keluar dari room zoom namun harus kembali lagi ke room zoom sesuai waktu yang telah ditentukan.

Pukul 13.50 WIB peserta sudah hadir kembali di room zoom, kemudian dibuka kembali oleh MC serta menyerahkan acara ini kepada moderator. Sesi selanjutnya adalah pemaparan materi oleh narasumber ke III oleh Bapak Dr. Andy Widjaja, DPT. Beliau merupakan Owner dari TeIndoPhysio. Beliau memaparkan materi tentang Strategi Penangan dan Pencegahan Terhadap Cedera pada Pelari. Setelah dilakukan pemaparan materi oleh Bapak  Dr. Andy Widjaja, DPT, dilakukan sesi tanya jawab yang didampingi oleh moderator. Kemudian moderator membacakan kesimpulan. Tidak lupa pemberian sertifikat kepada pembicara sekaligus mendokumentasi.

Semua pemateri sudah menyampaikan materinya dengan jelas dan juga semua pertanyaan sudah dijawab baik oleh pemapar materi. Moderator mengembalikan acara kepada MC. Setelah MC menerima,maka acara selanjutnya yaitu penyerahan sertifikat moderator yaitu kepada Ibu Kiki Rezki Faradillah, S.Ft., M. Biomed dan dilakukan dokumentasi oleh panitia yang bertugas.Setelah selesai mendokumentasi MC memulai acara selanjutnya yaitu Game Session yang menggunakan platform Quizizz. Dalam kuis ini terdapat 16 soal dari materi-materi yang sudah dipaparkan sebelumnya. Peserta yang menang adalah yang menjawab dengan benar dan cepat pada setiap pertanyaannya. Dari sesi kuis ini didapatkan 3 orang pemenang yaitu 1st Irfan Fathurrahman Firdaus dari UPN "Veteran" Jakarta,2nd Evana Salsabila Atong dari UPN "Veteran" Jakarta , dan 3rd Amelia Khoirunisa dari UPN "Veteran" Jakarta. Ketiga pemenang ini akan dihubungi oleh panitia untuk kemudian dikirimkan hadiah.

Karena seluruh rangkaian acara sudah selesai MC mengumumkan pemenang dari sesi kuis sebelumnya. Setelah itu MC menutup acara dan tidak lupa MC mengingatkan agar para peserta mengisi absensi kehadiran melalui link yang sudah diberikan oleh panitia. Peserta diizinkan meninggalkan room zoom setelah mengisi link absensi.

Informasi