• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 4 Hipertensi “Don’t Let Your Blood Pressure, Be Your Silent Killer!

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 14 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1299

FIKES UPNVJ -  Pada hari ini, Minggu, 11 Juli 2021, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana telah melaksanakan Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 4 dengan topik Hipertensi. Webinar Seri 4 kali ini mengusung tema “Don’t let your blood pressure, be your silent killer!”. Kegiatan ini di rencanakan sebagai wujub dari Praktik Belajar Lapangan 2 (PBL 2) dari angkatan 2018. Acara ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom Meeting pukul 09.00 – 12.40 WIB serta dihadiri oleh kurang lebih 915 partisipan dari berbagai institusi dan kalangan masyarakat.

Hipertensi1.jpg

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada kelompok usia produktif yaitu 15-64 tahun menurut BPS mengenai Hipertensi. Selain itu juga, diharapkan kelompok usia produktif dapat deteksi sejak dini terkait penyakit Hipertensi serta memiliki pengetahuan yang baik terkait pencegahan serta pengendalian Hipertensi. Acara berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir acara. Kegiatan Webinar Seri 4 ini melibatkan mahasiswa aktif serta dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana untuk mengisi acara sebagai pembicara.

Hipertensi2.jpg

Pembicara pertama yaitu saudari Qoriatuz Fathiani yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana, beliau memaparkan materi tentang Situasi dan Gambaran Umum Hipertensi. Kemudian, pembicara kedua membawakan materi tentang GARAM HIPERTENSI (Gejala Awal & Risiko untuk Atasi Masalah Hipertensi) yang dibawakan oleh saudari Alfira Novitasari yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana.

Hipertensi3.jpg

Selanjutnya, pembicara ketiga merupakan dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana yaitu Bu Dyah Utari, S.Kep., MKK yang memaparkan materi tentang Komplikasi Hipertensi & Tatalaksana CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah)

Hipertensi4.jpg

Setelah ketiga pembicara memaparkan materi, acara dilanjutkan dengan sesi talkshow yang dimoderatori oleh saudara Rafif Priyambodo yang merupakan Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana bersama dengan kedua pembicara yang berasal dari Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana. Pada sesi talkshow ini mengambil topik Waspadai Hipertensi, Cegah dan Kendalikan Sejak DinI.

Sesi talkshow diawali dengan pemaparan sedikit materi oleh kedua pembicara. Pembicara yang pertama yaitu Ibu Nayla Kamilia F, SKM, MPH, memaparkan materi terkait Upaya Pengendalian Hipertensi dengan Program “CERDIK”.

Hipertensi5.jpg

Dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Upaya Pencegahan Hipertensi melalui Program “PATUH” yang dibawakan oleh pembicara kedua pembicara kedua yaitu Ibu Rafiah Maharani P, SKM, MKM.

Kemudian, sesi talkshow dilaksanakan dengan moderator yang memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait dengan topik Waspadai Hipertensi, Cegah dan Kendalikan Sejak Dini! Serta dilanjukan dengan tanya jawab yang pertanyaannya berasal dari peserta Webinar.

Hipertensi.jpg

Dengan dipaparannya materi tersebut oleh kelima pembicara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 4, maka diharapkan masyarakat terutama pada kelompok usia produktif lebih peduli dan dapat deteksi sejak dini terkait Hipertensi. Serta diharapkan masyarakat dapat menerapkan dari program pengendalian dan pencegahan Hipertensi melalui program “CERDIK” dan “PATUH”. Dimulai dari lingkup kecil dulu yaitu keluarga, yang akan berdampak baik untuk kesehatan masyarakat indonesia! Mari kita waspadai hipertensi dengan deteksi sejak dini. (Panitia Webinar Seri 4)

Informasi