• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 3: Sanitasi Dasar “Sanitasi dan Higiene

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 12 Juli 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 1059

FIKES UPNVJ -  Pada hari ini, Sabtu, 10 Juli 2021, Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana telah melaksanakan Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 1 dengan Topik Sanitasi Dasar. Webinar Seri 3 kali ini mengusung tema Sanitasi dan Higiene. Acara dilaksanakan melalui platform Zoom Meeting pukul 08.30—12.35 WIB serta dihadiri oleh 383 partisipan dari berbagai institusi dan kalangan masyarakat.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.46.jpeg

Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman utuh bagi mahasiswa mengenai masalah-masalah kesehatan masyarakat dan melakukan upaya pemecahan masalah atau intervensi sesuai dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan serta pengetahuan kepada peserta webinar terkait Sanitasi dan Higiene. Selain itu juga kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait sanitasi dan higiene sehingga dapat mengupayakan kesehatan dan menncapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.38.jpeg

Pada kegiatan kali ini melibatkan mahasiswa aktif serta dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana untuk menjadi pengisi acara. Acara dibuka oleh saudari Ambrita Estuningtyas (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana) MC sebagai pemandu berjalannya acara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri III: Sanitasi dan Higiene Lalu, Kegiatan pemaparan materi sesi 1 diserahkan kepada moderator 1 yang dipegang oleh saudari Azarine Pandita Widyadara (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana). Pembicara pertama yaitu Bapak Afif Amir Amrullah, S.Kp, M.KKK (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi dengan judul “Pengetahuan Pengupas Kulit Bawang mengenai Mencuci Tangan dengan 6 Langkah”. Pembicara pertama yaitu Bapak Afif Amir Amrullah, S.Kp, M.KKK (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi dengan judul “Pengetahuan Pengupas Kulit Bawang mengenai Mencuci Tangan dengan 6 Langkah”.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.26.jpeg

Lalu, pembicara ketiga yaitu saudari Rizki Amalia, SKM, M.H.Sc (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi dengan judul “Hygiene Keluarga dan Covid-19”.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.18.jpeg

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator 1. Setelah dilakukan sesi tanya jawab dengan ketiga pembicara yang telah menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi Ice Breaking yang Kembali dipandu oleh MC,  Selanjutnya, sesi 2 yang dipandu oleh saudari Dina Amalia yang merupakan (Mahasiswa Aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana) selaku moderator 2.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.07.jpeg

Pemaparan sesi II diawali dengan pemaparan materi oleh Arga Buntara, SKM, MPH (Dosen Kesehatan Masyarakat UPNVJ), beliau memaparkan materi berjudul “Pengelolaan Limbah Masker sebagai Limbah Infeksius Rumah Tangga saat Pandemi COVID-19”. Dilanjutkan dengan pemaparan oleh Saudara Ryan Muhaidi (Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana), beliau membawakan materi berjudul “Upaya Sanitasi Makanan Jajanan”.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.17.57.jpeg

Lalu sesi tanya jawab dilaksanakan oleh moderator 2 yang memberikan beberapa pertanyaan pemantik terkait dengan topik Sanitasi dan Higiene serta berlanjut dengan tanya jawab dari pertanyaan yang diberikan peserta.

WhatsApp_Image_2021-07-12_at_10.18.55.jpeg

Dengan dipaparkannya materi tersebut oleh kelima pembicara Webinar Kesehatan Masyarakat Seri 3, maka diharapkan masyarakat, terutama remaja lebih peduli dengan Lingkungan yang merupakan faktor yang penting dalam kesehatan. Jika sanitasi lingkungannya baik, maka semua orang yang berada dalam lingkungan tersebut dapat terhindar dari risiko terpapar kuman penyebab penyakit. Mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar kita untuk kesehatan kita bersama. (Panitia Webinar Seri 3)

Informasi