• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Relawan Kebencanaan “Ketapel: Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat, dan Pemulihan Bencana Banjir”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 23 Mei 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 670

FIKES UPNVJ - Pada hari Minggu, 22 Mei 2022 pukul 08.00 WIB KSM Batavia menyelenggarakan program kerja dari divisi Pusdiklat yaitu Workshop Relawan Kebencanaan yang dilakukan secara daring melalui media zoom meeting. Workshop relawan kebencanaan kali ini mengusung tema “Ketapel: Kesiapsiagaan, Tanggap Darurat, dan Pemulihan Bencana Banjir” dengan mengundang dua narasumber, yaitu Pak Eddy Herryanto selaku perwakilan dari BASARNAS dan Pak Eko Teguh Paripurno selaku dosen dari UPNVY. Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan bencana banjir.

WhatsApp_Image_2022-05-23_at_14.03.38.jpeg

Acara ini dihadiri oleh 62 peserta yang terlihat antusias mengikuti Workshop Relawan Kebencanaan. Workshop dimulai dengan pembukaan acara oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, serta sambutan-sambutan yang diberikan oleh ketua pelaksana Workshop Relawan Kebencanaan, Ketua KSM Batavia periode 2022/2023, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPNVJ.

WhatsApp_Image_2022-05-23_at_14.03.45.jpeg

Kemudian acara dilanjutkan oleh moderator, meliputi membacakan CV narasumber dan pemaparan materi oleh para narasumber. Materi pertama dipaparkan oleh Pak Eddy Herryanto dengan judul “Pengevakuasian Korban Pasca Banjir” dan materi kedua dipaparkan oleh Pak Eko Teguh Paripurno dengan judul “Pencegahan, Mitigasi dan Kesiapsiagaan Bencana Banjir”

WhatsApp_Image_2022-05-23_at_14.03.30.jpeg

Selanjutnya, terdapat sesi tanya jawab dan sesi ice breaking yang dilakukan dengan antusias sehingga peserta dapat mengetahui jawaban terkait apa yang ditanyakan kepada para para narasumber. Acara ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada para pemenang games, pre dan post-test, dan penanya terbaik.

Dengan adanya program kerja ini, diharapkan KSM Batavia dan volunteer KSM Batavia dapat saling belajar satu sama lain mengenai pengevakuasian korban pasca banjir dan juga pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana banjir, sehingga nantinya dapat diterapkan ketika turun lapangan.

Informasi