• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Capacity Building Project (CBP) 2021 “Sustainable Future Comes From Good Leadership and Empowerment (SUPER POWER)”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 22 November 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 276

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan Capacity Building Project (CBP) 2021 dalam waktu 3 hari via online melalui Zoom Meeting dan 2 hari via offline. Hari pertama dilaksanakan pada Hari Sabtu, 30 Oktober 2021 dari pukul 08.00—12.35 WIB dengan rangkaian acara pemaparan materi. Hari kedua dilaksanakan pada Hari Minggu, 31 Oktober 2021 dari pukul 08.00—15.00 WIB dengan rangkaian acara dinamika kelompok dan post to post. Selanjutnya untuk rangkaian acara yang dilaksanakan secara offline dilaksanakan pada Hari Sabtu dan Minggu, 6-7 November 2021 dengan rangkaian acara turun lapangan yaitu promosi kesehatan. Lalu hari ketiga dilaksanakan pada Hari Sabtu, 13 November 2021 dari pukul 09.00—12.35 WIB dengan rangkaian acara pemaparan tugas turun lapangan dan closing. Tema dari Capacity Building Project (CBP) 2021 adalah “Sustainable Future Comes From Good Leadership and Empowerment (SUPER POWER)”. Kegiatan ini dihadiri oleh 154 mahasiswa/i Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2020, alumni Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta, para dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta, dan Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta.

CB_HMKM_3.jpg

Hari pertama dengan rangkaian acara pemaparan materi dipandu oleh Edenia Devina mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku MC. Rangkaian acara diawali dengan pembukaan oleh MC, pembacaan doa, foto bersama, dan pemberian link pre-test untuk peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua HMKM periode 2021/2022, Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta, dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang diwakilkan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Acara selanjutnya adalah sesi pemaparan materi yang dipandu oleh Ratu Wavia Nadiarta mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku moderator. Materi pertama terkait “Pemberdayaan Calon Tenaga Kesehatan Masyarakat yang Berwawasan Bela Negara” disampaikan oleh Ibu Dr. Novita Dwi Istanti, SKM, MARS selaku Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran. Dilanjutkan dengan materi kedua terkait “Pelayanan Esensial Tenaga Kesehatan Masyarakat di Era Pengembangan Media Promkes” disampaikan oleh Novaditya Putri Ayu Handayani, SKM selaku Staff Analis Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB). Lalu materi ketiga terkait “Pentingnya Jiwa Kepemimpinan dalam Organisasi Kesehatan Masyarakat” disampaikan oleh Jessica Oktaviyani Patria, SKM selaku Pengendali Sosial Media PT Good Sales Tech. Acara selanjutnya adalah sesi tanya jawab dan pengisian post test, lalu acara ditutup dengan doa yang dipandu oleh MC.

CB_HMKM_4.jpg

Hari kedua dengan rangkaian acara dinamika kelompok dan post to post dipandu oleh Nandita Ardrafitri Saraswati mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku MC. Rangakain acara dibuka dengan doa oleh MC lalu dilanjutkan dengan pemaparan teknis dari dinamika kelompok oleh koordinator divisi acara. Setelah itu peserta memasuki break out room masing-masing yang terbagi menjadi 12 break out room sesuai dengan jumlah kelompok. Setelah acara dinamika kelompok selesai peserta kembali ke main room lalu dilanjutkan dengan ishoma.  Setelah ishoma selesai acara dilanjutkan dengan penjelasan terkait post to post, lalu peserta kembali memasuki break out room.  Break out room dibagi menjadi 3 post, yaitu post Etika dan Keberanian, post Teamwork dan Komitmen, serta post Konflik Manajemen. Setelah kelompok melewati semua post peserta kembali ke main room, lalu acara ditutup dengan doa.

CB_HMKM1.jpg

Kegiatan turun lapangan yaitu promosi kesehatan dilakukan oleh setiap kelompok di yayasan atau panti asuhan di wilayah masing-masing domisilinya. Selanjutnya dari hasil turun lapangan tersebut setiap kelompok membuat laporannya yang dipaparkan pada saat acara closing CBP 2021. Adapun untuk kegiatan closing CBP 2021 dipandu oleh Ratu Wavia Nadiarta mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku MC. Acara diawali dengan pembukaan dan pembacaan doa oleh MC, selanjutnya adalah penjelasan terkait teknis pemaparan hasil turun lapangan oleh koordinator divisi acara. Setelah itu setiap kelompok masuk ke break out room untuk memaparkan hasil turun lapangannya. Setelah semuanya selesai, setiap kelompok kembali ke main room. Setelah itu penyampaian kesan pesan dari pendamping, lalu dilanjutkan dengan pembagian reward kepada peserta, penyampaian kesan pesan dari peserta, dan sebagai rangkaian acara penutup ada penayangan video persembahan untuk peserta CBP 2021. Acara ditutup dengan doa yang dipandu oleh MC. (Dini Noviyanti)

CB_HMKM2.jpg

Informasi