• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPNVJ Gelar Penyuluhan Virtual “Pencegahan Penularan Covid-19 dengan Menerapkan PHBS dan 3M”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 15 Desember 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 592

FIKES UPNVJ - Dalam situasi pandemi saat ini mengakibatkan para mahasiswa melakukan pembelajaran dengan segala keterbatasannya melalui daring. Sejumlah kegiatan seperti kegiatan praktik guna bahan penilaian kompetensi tetap terus dilakukan. Beberapa mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta berhasil melakukan kegiatan penyuluhan yang berbasis daring melalui Zoom Meeting dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Promosi Kesehatan pada Minggu (06/11) siang. Selama kurang lebih satu jam setengah, sekumpulan mahasiswa yang terdiri dari Aulia Salwadina dan Sarah Nur Chaliza sebagai pembicara, Rafael Arfah sebagai moderator, serta Ali Rahmatullah Malik sebagai operator. Menurut laporan dari panitia, terdapat kurang lebih 53 peserta menghadiri acara tersebut.

Penyuluhan_PHBS.jpg

Rafael selaku moderator berhasil memimpin jalannya acara tersebut dan mengungkapkan bahwa acara tersebut berjalan dengan lancar dan para peserta memiliki antusiasme yang tinggi.

Kegiatan ini dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah Promosi Kesehatan, Yuri Nurdiantami, S.Farm., Apt., MPH. Beliau juga memberikan kata-kata sambutan dan memberikan beberapa materi mengenai sistem imun pada tubuh. Dari penyuluhan ini, didapati beberapa poin penting diantaranya adalah pentingnya PHBS dan 3M untuk diri kita dan juga pentingnya menjaga imun tubuh supaya terus tetap prima. Menurut data yang dipaparkan oleh panitia, tercatat bahwa hasil penilaian pengetahuan para peserta mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata pada pre-test hanya sebesar 11 poin dan pada saat post-test menjadi 13 soal.

Banyak dari mereka yang merasa terhibur saat sesi ice breaking karena keseruan yang terjadi pada saat itu. Sesi tersebut berhasil dibawakan oleh Rafael dan para peserta dengan bermain game sambung kata dimana pemenang dalam sesi tersebut mendapatkan hadiah dari pihak panitia. Beberapa dari peserta mengatakan bahwa dirinya cukup puas dengan para pembawa materi. Akhir kata, peserta berhasil mengadakan penyuluhan daring dengan hanya beranggotakan 4 orang saja dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para peserta.

by Ali Rahmatullah Malik

Informasi