• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UPNVJ Gelar Penyuluhan Virtual ‘Gizi Seimbang Pada Remaja’

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 30 November 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 192

FIKES UPNVJ - Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, kegiatan pembelajaran mahasiswa memiliki keterbatasan. Namun, sejumlah kegiatan praktik pembelajaran sebagai bahan penilaian kompetensi tetap perlu dilakukan. Sejumlah mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat UPN ‘Veteran’ Jakarta telah berhasil menyelenggarakan penyuluhan secara daring dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Promosi Kesehatan pada Sabtu (28/11) pagi.

Selama durasi waktu 2 jam, mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan angkatan 2019 yang terdiri dari Muhammad Rachsanzani, Sandro Wijaya Manullang, Suci Makrifah dan Edenia Devina berkontribusi sebagai panitia yang juga merangkap sebagai pembicara dan dibantu oleh dua rekan lainnya yaitu Mohammad Rayhan Hernadi sebagai Moderator dan Andini Maulani Putri sebagai desainer grafis dan operator. Dari laporan panitia, tercatat sekitar 53 peserta, penyuluhan menghadiri acara yang dilangsungkan melalui aplikasi Zoom meeting.

Gizisimb.jpg

Rayhan selaku moderator yang memimpin jalannya penyuluhan promosi kesehatan ini mengungkapkan bahwa secara umum kegiatan telah berjalan lancar dan peserta memiliki antusiasme yang cukup tinggi akan topik yang dibahas meski acara dilaksanakan secara daring. “Alhamdulillah tadi acara berjalan lancar lancar, teman-teman panitia yang berperan sebagai pembawa materi dapat melaksanakan peran dengan baik dan para peserta sangat bersemangat memberikan tanggapan terhadap materi gizi seimbang,” tuturnya kepada panitia.

Giziseimbng.jpg

Kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah Promosi Kesehatan, Yuri Nurdiantami, S.Farm., Apt., MPH, yang juga memberikan kata sambutan di awal rangkaian acara. Sementara itu, beberapa poin yang dijabarkan pelaksana kegiatan di antaranya prinsip gizi seimbang dan pentingnya bagi remaja, pola makan, kebutuhan gizi pada remaja dan faktor determinannya hingga kepada masalah-masalah gizi pada remaja. Data dari panitia tercatat bahwa hasil penilaian pengetahuan peserta penyuluhan melalui pre-test dan post-test mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yaitu sebesar 26 %.

Giziseimbang.jpg

“Saya ingin berterimakasih banyak kepada panitia yang sudah menyelenggarakan acara ini dengan baik. serta pembawa materi yang menyampaikan ilmu terkait gizi pada remaja dengan sangat bagus. Saya sebagai remaja jadi lebih termotivasi untuk memperbaiki pola makan yang salah dan mau hidup sehat demi diri saya sendiri. Terimakasih kak!” ujar Dita, salah satu remaja peserta penyuluhan pada formular evaluasi. Penulis by Edenia Devina

Informasi