• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Bayi dan Anak Tersedak Di Posyandu Mawar, Limo Depok

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 18 September 2019
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 525

FIKES UPNVJ - Kejadian tersedak pada anak telah banyak terjadi di Indonesia. Bahkan tidak jarang kejadian ini berujung pada kematian. Tersedak merupakan suatu kondisi kegawatan dimana terjadi sumbatan jalan nafas baik itu sebagian maupun seluruhnya. Jika terjadi sumbatan sebagian, penderita masih mampu berupaya untuk mengeluarkannya melalui batuk. Namun jika terjadi sumbatan jalan nafas total, maka oksigen tidak bisa didapatkan oleh jaringan otak. Jika keadaan tersebut tidak segera ditangani, dalam empat hingga lima menit dapat terjadi kematian. Anak-anak rawan mengalami tersedak baik itu karena makanan dan mainan. Jika terjadi sumbatan total pada jalan nafas, kematian dapat terjadi dalam hitungan menit. Oleh karena itu masyarakat awam perlu mengetahui cara pertolongan pertama pada anak tersedak karena lebih cepat jalan nafas terbuka lebih baik untuk keselamatan hidup sang penderita.

Vivid1.jpg

Kader kesehatan bersama Puskesmas Kecamatan Limo mempunyai kegiatan rutin Posyandu dan Posbindu dalam upaya promotif dan perventif untuk kesehatan anak. Dalam kegiatan ini, para orang tua yang memiliki balita akan datang dan memeriksakan putra-putri mereka. Oleh karena itu, FIKES UPN Veteran Jakarta merencanakan pemberian pelatihan pertolongan pertama pada anak tersedak pada acara tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019 di RW 07 Kelurahan Limo oleh Ns.Diah Tika Anggraeni, M.Kep, Ns. Nourmayansa, M.Kep., Sp.Kep.Kom, Ns.Riadini Alita, M.Kep.Sp.Kep.Mat

Melalui pelatihan ini, jumlah orang awam yang dapat memberikan pertolongan yang tepat pada anak tersedak akan semakin meningkat. Dengan begitu pertolongan dapat diberikan secara cepat tanpa menunggu tim medis atau ambulan. Karena cepatnya dampak dari sumbatan jalan nafas, maka pertolongan yang cepat oleh orang-orang terdekat dapat mencegah kematian.

 

Informasi