• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Internasional Program Studi Gizi “Addressing Nutrition in Emergency"

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 19 September 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 152

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 18 September 2021, telah dilaksanakan Webinar Internasional Program Studi Gizi yang berjudul “Addressing Nutrition in Emergency” melalui platform Zoom Meeting dan live streaming YouTube pukul 08.00-11.30 WIB. Webinar ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Kepala Program Studi Gizi UPN Veteran Jakarta, beberapa dosen, mahasiswa UPN Veteran Jakarta, dan masyarakat umum lainnya. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 263 pada platform Zoom Meeting dan 371 pada live streaming YouTube.

Webinar_Gizi3.jpg

Pemberian sambutan dilakukan secara langsung oleh Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta dan Ibu A’immatul Fauziyah, S.Gz., M.Si selaku Kepala Program Studi Gizi UPN Veteran Jakarta.

Webinar_Gizi2.jpg

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Febi Dwirahmadi, Ph.D. Materi yang beliau bawakan adalah mengenai peran gizi yang sangat penting selama bencana terjadi, karena gizi akan berpengaruh terhadap pemulihan korban bencana. Tentunya, diperlukan kajian yang tepat terhadap pelayanan gizi tersebut untuk nantinya dapat mencegah bertambahnya jumlah korban saat bencana terjadi.

Webinar_Gizi1.jpg

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Luh Desi Puspareni, S.T.Gizi, M.Gizi. Materi yang disampaikan oleh beliau mengenai masalah utama dari kondisi darurat saat bencana yaitu kekurangan gizi yang disebabkan oleh terbatasnya akses terhadap makanan dan air yang meningkatkan angka penyakit menular. Pangan fungsional berperan penting dalam mencegah infeksi pada kondisi darurat dan berkaitan dengan sistem imun karena pangan fungsional mengandung probiotik mikronutrien seperti selenium, antioksidan, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin C, dan n-3 LC PUFA.

Webinar_Gizi.jpg

Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Nanang Nasrulloh, S.TP, M.Si. Beliau menyampaikan bahwa ketahanan pangan merupakan situasi yang terjadi ketika semua orang setiap saat memiliki akses fisik, sosial, dan ekonomi terhadap pangan yang cukup aman dan bergizi yang memenuhi kebutuhan pangan untuk hidup aktif dan sehat.

Setelah pemaparan materi yang telah disampaikan, dilakukan sesi diskusi yang menjadi tempat peserta bertanya. Pertanyaan yang diberikan mengenai manfaat pangan fungsional terhadap pengobatan Covid-19, edukasi khusus mengenai manajemen makanan saat bencana, dan cara-cara untuk menjaga ketahanan pangan.

Harapan dari Webinar Internasional hari ini, semua peserta dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang peran gizi yang berpengaruh penting saat keadaan darurat serta pangan fungsional yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Informasi