• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mencegah dan Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (NPB) selama Belajar dan Bekerja dari Rumah

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 07 Juni 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 770

FIKES UPNVJ - Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga, Fakultas Ilmu Kesehatan, UPN Veteran Jakarta menyeleggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan mengusung tema “Mencegah dan Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (NPB) selama Belajar dan Bekerja dari Rumah” pada Sabtu, 5 Juni 2021. Kegiatan tersebut turut menghadirkan narasumber yang merupakan dosen pada Program Studi Fisioterapi, Universitas Hasanuddin.

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.42.52.jpeg

Kegiatan dimulai dengan pemberian sambutan oleh Kepala Program Studi Fisioterapi, Bapak Agustiyawan, SST.Ft., M.Fis., Ftr dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Bapak Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS.

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.42.51.jpeg

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang terdiri dari Calvin Muhammad Akbar (mahasiswa Prodi Fisioterapi UPNVJ),

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.42.51_(1).jpeg

Farahdina Bachtiar, S.Ft., Physio, M.Sc. (dosen Prodi Fisioterapi UPNVJ) dan Irianto, S.Ft., Physio, M.Sc. (dosen Prodi Fisioterapi Unhas).

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.42.51_(2).jpeg

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta pemahaman tentang cara mencegah dan mengatasi nyeri punggung bawah selama belajar dan bekerja dari rumah di masa Pandemi Covid-19. Berdasarkan data, sekitar 80 persen dari populasi penduduk dunia pasti pernah mengalami nyeri punggung bawah paling tidak sekali dalam hidupnya. Kasus nyeri punggung bawah diperkirakan semakin meningkat selama diberlakukannya himbauan untuk Stay at Home. Himbauan untuk Stay at Home tentunya berdampak positif dalam mengurangi penyebaran Covid-19, tetapi di lain pihak juga dapat menimbulkan dampak kesehatan lain, seperti meningkatnya keluhan muskuloskeletal, salah satunya nyeri punggung bawah. Menurunnya aktifitas fisik yang disertai dengan durasi duduk lama selama belajar dan bekerja dari rumah dapat menjadi pemicu keluhan tersebut. Lebih lanjut hal tersebut dapat menurunkan tingkat produktifitas, performa, dan kualitas kerja masyarakat.

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.43.30.jpeg

Olehnya, pemberian edukasi melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai cara mencegah dan mengatasi nyeri punggung bawah dengan melakukan desain tempat kerja yang ergonomis serta mengaplikasikan latihan-latihan sederhana yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

WhatsApp_Image_2021-06-05_at_14.42.50.jpeg

Informasi