• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa S1 Keperawatan Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 26 Oktober 2018
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 47

FIKES LIMO - Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan (HM-PSIK) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta  (UPNVJ) mengadakan penyuluhan mengenai “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” (PHBS) dalam rangka Memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Kegiatan ini diadakan di dua sekolah dasar yaitu SD Muhammadiyah 2 Depok, dan MI Iaanatul Ikhwan yang berlokasi di Jalan Caringin, Rangkapan Jaya, Kota Depok-Jawa Barat.

Penyuluhan mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan sasaran siswa/i Sekolah Dasar dan sederajat ini merupakan salah satu program kerja HM-PSIK UPN Veteran Jakarta sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan baik oleh Mahasiswa/I S1 Keperawatan angkatan 2017, dimana mereka memberikan penyuluhan dan Pendidikan kesehatan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat kepada lebih dari 150 siswa/i di SD Muhammadiyah 2 dan MI Iaanatul Ikhwan. Selain penyuluhan, mahasiswa juga melakukan demonstasi sikat gigi yang benar serta cuci tangan yang baik dan benar menurut WHO.

3.jpg

Kegiatan pertama setelah pembukaan ialah Penyuluhan dan Pendidikan Kesehatan. Siswa/i sekolah dasar tampak memperhatikan dengan seksama pemaparan yang dilakukan oleh mahasiswa/i S1 Keperawatan, mereka terlihat antusias dengan penyuluhan yang dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan.

Ns. Santi Herlina, M. Kep, Sp. Kep. MB sebagai dosen Keperawatan UPNVJ mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang harus tetap dijalankan setiap tahunnya. “Kegiatan ini dapat mengedukasi siswa/I SD bahwa mencuci tangan adalah kegiatan paling dasar untuk mencegah penyakit. saya berharap kedepannya wilayah Rangkapan Jaya dapat menjadi wilayah binaan S1 Keperawatan UPN Veteran Jakarta” kata Ns. Santi Herlina.

Bapak Lahmudin, S.Pd. I selaku Kepala Sekolah MI Iaanatul Ikhwan juga menyetujui pernyataan Ibu Santi. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan tetap dilaksanakan setiap tahunnya serta berharap setelah dilakukannya penyuluhan, siswa/i MI Iaanatul Ikhwan mampu memahami dan mengaplikasikankan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupannya sehari-hari”. Papar Pak Lahmudi.

1.jpg

Pada lokasi yang berbeda yaitu di SD Muhammadiyah 2 Depok, Bapak H. Ahmad Sujai, S.Pd selaku Kepala Sekolah mengatakan sangat mendukung kegiatan mengenai PHBS ini, karena sebelumnya belum pernah dilakukan sosialisasi mengenai PHBS. “Saya berharap dengan adanya adik-adik mahasiswa/I ini dapat memberikan pengaruh positif untuk siswa/I dari kebiasaan yang kurang baik menjadi lebih baik”. Lanjutnya.

2.jpg

Selain acara dikedua SD/MI tersebut HM-PSIK juga mengadakan penyuluhan mengenai PHBS di lingkungan warga Kampung Kekupu RT 06/04, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok-Jawa Barat. Selain dilakukan penyuluhan juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gratis berupa timbang berat badan, cek tekanan darah, cek kadar gula darah, dan cek kadar asam urat. Kurangnya edukasi dan promosi kesehatan membuat banyak warga yang takut untuk memeriksakan diri dengan alasan takut mengetahui penyakit yang dideritanya. Disinilah pentingnya peran mahasiswa untuk memberikan pemahaman terkait masalah kesehatan yang ada di masyarakat, terutama masyarakat sekitar UPNVJ tepatnya di Limo.

“Saya sebagai ketua RT 06/04 Kampung Kekupu sangat mendukung kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang diadakan mahasiswa/I dari UPNVJ, karena sebelumnya kampung ini sangat jarang terdapat pemeriksaan dan penyuluhan mengenai kesehatan”. Kata Asep Ketua Rt 06/04.

Ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan serempak pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018.

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f