• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Seminar Online FKM UI SERI 4 FKM UI bekerja sama dengan SUN Academia & OP Network Indonesia

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 18 Maret 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 143

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat, 1 Maret 2024 pukul 14.00-15.30 dilaksanakannya seminar online FKM UI SERI 4 yang bekerja sama dengan Scalling Up Nutrition Academia (SUN Academia) dan OP Network Indonesia. SUN Academia merupakan bagian dari Scalling Up Nutrition yang dipimpin oleh Departemen Gizi Kesmas FKM UI bersama dengan Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes II Jakarta sebagai wakil dari perguruan tinggi dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) sebagai wakil dari organisasi profesi. Prodi Gizi Program Sarjana UPN Veteran Jakarta merupakan salah satu anggota aktif di kegiatan yang dilakukan SUN Academia. Pada tahun 2024 ini SUN Academia rutin melaksanakan kegiatan webinar series yang diselenggarakan dibawah FKM UI. Pelaksanaan Seminar online seri 4 melibatkan salah satu dosen dari Prodi Gizi Program Sarjana sebagai narasumber yaitu Dr. Avliya Quratul Marjan, S.Gz, M.Si dengan topik pembahasan Food security, Food waste and Climate Change. Selain itu terdapat narasumber lainnya dari IPB University yaitu Dr. Yayuk Baliwati, MS yang membahas tentang pentingnya Diversifikasi Pangan di Indonesia.

WhatsApp_Image_2024-03-18_at_14.49.37.jpeg

Seminar online berjalan lancar dengan pembahasan yang focus pada pentingnya menjaga iklim untuk dapat meningingkatkan produksi pangan di Indonesia dan perlu adanya peremajaan lahan agar lahan tetap dapat dimanfaatkan terutama untuk produksi pangan di Indonesia yang berkelanjutan. Narasumber juga menyampaikan bahwa penting untuk meminimalkan Food waste atau sisa makanan karena makanan yang bersisa dapat menyumbang zat beracun yang berdampak pada efek rumah kaca dan perubahan iklim. Kondisi ini akan membuat iklim dan udara menjadi tercemar sehingga berpengaruh pada produksi pangan dan keamanan pangan sendiri. Krisis pangan merupakan akibat dari perubahan iklim global.

WhatsApp_Image_2024-03-18_at_14.49.41.jpeg

Pentingnya menjaga keberlanjutan tanah agar tetap dapat dimanfaatkan setelah dilakukan eksploitasi perlu menjadi perhatian saat ini karena unsur hara pada tanah dapat menentukan jumlah zat gizi yang terkandung dalam suatu pangan. Tanah yang tercemar akan berdampak pada penurunan kandungan gizi dari pangan yang di tanam di lahan tersebut. Maka dari itu penting sekali untuk menjaga iklim  global agar tidak terjadi krisis pangan yang akan berdampak pada masalah gizi masyarakat secara global.

WhatsApp_Image_2024-03-18_at_14.49.32.jpeg

Informasi