• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional 2023 Text Neck And Forward Head Posture In Modern Society: How Can Physiotherapy Help?

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 16 Oktober 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 286

FIKES UPNVJ - Pada Sabtu, 07 Oktober 2023 telah dilaksanakan Webinar Nasional 2023 dengan tema "Text Neck and Forward Head Posture in Modern Society: How can Physiotherapy Help?” yang merupakan program kerja dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Sarjana (HISFO) UPN "Veteran" Jakarta periode 2023/2024 secara online di Platform Zoom Meeting. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai masalah postur yang terjadi pada bagian leher dan kepala serta penemuan terbaru dalam penanganannya. Total peserta yang hadir dalam acara ini sebanyak 371 orang.

WhatsApp_Image_2023-10-16_at_09.34.52.jpeg

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 15.30 WIB yang dipandu oleh Ghyffara Agathy Putri, Mahasiswi Fisioterapi Program Sarjana, sebagai Master of Ceremony. Dilanjut dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, kemudian serta tata tertib acara. Acara berikutnya yaitu sambutan-sambutan, dimana sambutan pertama dibawai oleh Gibran Ghani selaku Ketua Pelaksana. Sambutan kedua oleh Isyraf Ghandi Arifianto selaku Wakil Ketua Himpunan. Sambutan ketiga oleh Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc., AIFO selaku Kepala Program Studi Fisioterapi Program Sarjana. Sambutan terakhir oleh Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakara.

WhatsApp_Image_2023-10-16_at_09.35.54.jpeg

Setelah itu, semua peserta dan panitia melakukan sesi foto bersama sebagai dokumentasi. Rangkaian acara selanjutnya adalah pemaparan materi oleh pembicara 1 yang akan dipandu oleh Ibu Rabia selaku moderator. Diawali dengan pembacaan CV moderator sekaligus penyerahan pemandu acara kepada moderator untuk memandu acara. Moderator pun menjelaskan gambaran awal mengenai rangkaian materi yang akan disampaikan.

WhatsApp_Image_2023-10-16_at_09.34.47.jpeg

Dilanjutkan dengan pembacaan CV pembicara 1 oleh moderator, kemudian pemaparan materi pertama oleh Bapak Heri Wibisono, S.Pd., M.Si., AIFO lalu ditutup dengan kesimpulan dan sesi tanya jawab. Setelah itu, ada sesi penyerahan sertifikat oleh moderator kepada pemateri 1. Setelah materi selesai dipaparkan, moderator pun menyerahkan kembali kepada MC untuk memandu sesi Ice Breaking. Ice Breaking merupakan games yang dilakukan para peserta menggunakan Platform Quizizz yang terdiri dari 15 soal. Setelah selesai sesi Ice Breaking, acara berikutnya merupakan ISHOMA selama 40 menit. Para peserta dapat beristirahat, sholat, dan makan di sesi ini, dan diminta untuk balik ke Zoom Meeting setelah 40 menit..

Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri kedua oleh moderator, kemudian pemaparan materi oleh Bapak Asep Azis M, SSt. Ft lalu ditutup dengan kesimpulan serta sesi tanya jawab. Setelah itu, ada sesi penyerahan sertifikat oleh moderator kepada pemateri kedua.

Setelah itu, moderator pun mengembalikan komando kepada MC. MC pun memberikan sertifikat kepada moderator. Lalu, MC melanjutkan rangkaian acara selanjutnya berupa pengumuman pemenang doorprize.

Terakhir, acara ditutup dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyelenggarakan acara ini sekaligus pemberian link absensi kepada peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian acara. Secara keseluruhan acara berjalan dengan baik dan sesuai dengan rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia. (FSD)

Informasi