• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 16 Oktober 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 253

FIKES UPNVJ - Depok, 14 Oktober 2023- Dengan rasa bangga, Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasioanal “Veteran” Jakarta telah melaksanakan serangkaian kegiatan Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023 dengan tema “Balanced Nutrition and Healthy Lifestyle to Create a Superior and Stunting-Free Generation in the Future”. Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023 merupakan salah satu program kerja Divisi Sosial Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) periode 2022/2023 berupa kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa baru angkatan 2023 berupa edukasi gizi kepada ibu balita di Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat terkait stunting, Pedoman Gizi Seimbang (PGS), serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

WhatsApp_Image_2023-10-16_at_10.07.27.jpeg

Kegiatan ini berlangsung pada 13-14 Oktober 2023 di Auditorium Gedung MERCe Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta dan Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini diawali dengan registrasi peserta, pembukaan oleh MC, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN “Veteran” Jakarta. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Lucy Nuryudha Ramadhani selaku ketua pelaksana Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023, Olvi Oktafiani selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) periode 2022/2023, Ibu Dr. Firlia Ayu Arini, S.K.M., M.K.M. selaku Dosen Pembimbing, serta Ibu Utami Wahyuningsih, S.Gz., M.Si. selaku perwakilan Koordinator Program Studi Gizi Program Sarjana. Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian pretest materi stunting, PGS, dan PHBS, kemudian disambung dengan pemaparan materi stunting, PGS, PHBS, dan etika saat turun lapangan, serta dilanjut dengan sesi tanya jawab. Kemudian, dilanjutkan dengan istirahat, salat, dan makan, lalu acara dibuka kembali oleh MC. Kegiatan selanjutnya adalah pengisian post-test, review materi stunting, PGS, PHBS, dan etika saat turun lapangan, serta briefing dan penyampaian peraturan Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023. Kegiatan ditutup dengan pengisian presensi oleh peserta dan penutupan oleh MC.

Kegiatan selanjutnya telah berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023 yang berlangsung di Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini dimulai dengan registrasi peserta di Kampus Limo, UPN “Veteran” Jakarta, review materi etika saat turun lapangan oleh panitia, dan pembagian sembako untuk responden. Kegiatan dilanjutkan dengan mobilisasi menuju rumah responden dan melakukan penyuluhan kepada responden oleh mahasiswa baru angkatan 2023. Kemudian, dilanjutkan dengan mobilisasi menuju Kampus Limo, UPN “Veteran” Jakarta, registrasi peserta, pembukaan oleh MC, serta pengumuman peserta dan kelompok terbaik. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan penutupan oleh ketua pelaksana Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023, Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) periode 2022/2023, Dosen Pembimbing Gizi Bakti Masyarakat (GBM) 2023 sekaligus Koordinator Program Studi Gizi Program Sarjana yang diwakilkan oleh Bapak Nanang Nasrullah, S.TP., M.Si, serta Kepala Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat yang diwakilkan oleh Ibu Siti Bairiyah S.Sos., M.Si. selaku Kepala Seksi Kemasyarakat dan Pelayanan Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada Kelurahan Limo, Kota Depok, Jawa Barat, pengisian presensi peserta, serta penutupan oleh MC.

Informasi