• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta Kelas Stimulasi untuk Anak Down Syndrome melalui Terapi Bermain

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 13 Juni 2024
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 77

FIKES UPNVJ - Dosen dan mahasiswa jurusan Fisioterapi di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, bekerja sama dengan Persatuan Orang Tua dengan Anak Down Syndrome (POTADS), mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Rumah Ceria POTADS, Jakarta Selatan.

WhatsApp_Image_2024-06-13_at_08.51.33.jpeg

“Tema pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan orang tua anak down syndrome dengan terapi bermain untuk optimalisasi tumbuh kembang anak down syndrome,” kata Mona Oktarina, KetuaTim Pengabdian Masyarakat, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh orang tua dan anak-anak down syndrome, mencakup aktivitas seperti bernyanyi, menari, bercerita, stimulasi motorik dengan bermain di terowongan dan rintangan, serta stimulasi sensorik dengan membuat kerajinan tangan manusia salju.

WhatsApp_Image_2024-06-13_at_08.51.27.jpeg

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan ilmu fisioterapi di masyarakat dan memperkenalkan terapi bermain yang bisa digunakan untuk menstimulasi tumbuh kembang anak,” ujar Fidyatul Nazhira, anggota tim lainnya.

Susiana Jansen menambahkan bahwa program pengabdian masyarakat ini berjalan lancar, dimulai dengan pretest bagi orang tua, dilanjutkan dengan kelas stimulasi melalui terapi bermain, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur pemahaman orang tua tentang materi yang disampaikan.

Pada akhir kelas stimulasi, para mahasiswa mengajak orang tua dan anak-anak down syndrome untuk bernyanyi dan menari bersama lagi untuk meningkatkan bonding orang tua dan anak.

Informasi