• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa HMKM "Ngabuburit Sambil Beramal (NGASAL)"

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 03 Mei 2021
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 48

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan kajian Islam dalam rangkaian kegiatan Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) pada Sabtu, 24 April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan via daring melalui Zoom Meeting dari pukul 15.30 WIB sampai 17.07 WIB. Tema dari kajian ini adalah “Ulurkan Tangan, Bentangkan Cinta, dan Kuatkan Iman di Bulan Suci demi Gapai Ridho Illahi”. Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 68 peserta dari berbagai instansi, termasuk beberapa dosen Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta dan Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta.

Ngasal5.jpg

Kegiatan kajian Islam Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) dipandu oleh Bagus Aprianto, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku Master of Ceremony (MC). Rangkaian kegiatan kajian Islam Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) diawali dengan pembukaan oleh MC dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib kajian dan sesi foto bersama. Selanjutnya, yaitu pembacaan ayat suci Alquran Surat Al Baqarah Ayat 183—184 oleh Haikal Ghifary, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2020. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana Kegiatan Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL), Ketua Umum HMKM UPN Veteran Jakarta, dan Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana sekaligus Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta.

Ngasal6.jpg

Selanjutnya adalah sesi pemaparan materi oleh Ust. Kamaluddin Al Hafidz yang sebelumnya telah diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) pembicara oleh MC. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipimpin oleh MC dan doa bersama yang dipimpin oleh pembicara. Acara selanjutnya adalah sesi pemberian kesan pesan dari peserta kegiatan mengenai berlangsungnya kegiatan kajian Islam Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL). Acara yang terakhir adalah pembacaan doa penutup yang dipimpin oleh Haikal Ghifary dilanjutkan penutupan acara oleh MC. Dalam kegiatan kajian Islam Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) ini, diadakan pembukaan donasi untuk Yayasan Daarul Rahmah di beberapa pergantian sesi berupa tampilan barcode dan nomor rekening.

Ngasal.jpg

Rangkaian kegiatan Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama pada Sabtu, 01 Mei 2021. Kegiatan buka bersama ini dilaksanakan di Yayasan Daarul Rahmah dari pukul 16.30—19.05 WIB. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 27 peserta.Kegiatan buka bersama Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) dipandu oleh Fanny Azzahra Putri (mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019) dan Muhammad Fawwaz (mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2020) selaku Master of Ceremony (MC). Rangkaian kegiatan buka bersama Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL) diawali dengan pembukaan oleh MC yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Kegiatan Ngabuburit sambil Beramal (NGASAL), Ketua Umum HMKM UPN Veteran Jakarta, dan perwakilan Yayasan Daarul Rahmah.

Ngasal4.jpg

Selanjutnya, yaitu penyampaian materi mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Covid-19 oleh Amanda Puspitawati dan Amelia Nindya Putri, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019. Acara selanjutnya adalah sesi permainan yang dilanjutkan dengan pelantunan selawat oleh anak-anak Yayasan Daarul Rahmah. Kemudian, persiapan buka puasa dengan membagikan makanan yang dilanjutkan dengan buka puasa, salat Maghrib, dan makan besar.

Ngasal2.jpg

Acara selanjutnya, yaitu pemberian sertifikat oleh Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana sekaligus Pembina HMKM UPN Veteran Jakarta dan pemberian donasi berupa sembako kepada Yayasan Daarul Rahmah. Selanjutnya adalah doa penutup yang dipimpin oleh Ust. Hendra selaku perwakilan Yayasan Daarul Rahmah. Acara yang terakhir adalah penutupan kegiatan dari MC yang dilanjutkan dengan foto bersama. (Mugi Rahayu Lestari).

Ngasal1.jpg

Informasi