• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Penyuluhan Kesehatan Sehati di Pesantren Yatim Cahaya Madinah

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 18 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 223

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan Project Penyuluhan Kesehatan Sehati (Semarakan Hidup Sehat Kini dan Nanti) pada Sabtu, 11 November 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Pesantren Yatim Cahaya Madinah pada pukul 08.00 WIB sampai 11.10 WIB. Tema dari kajian ini adalah “SEHATI: Semarakan Hidup Sehat, Kini dan Nanti”. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 21 peserta santri dan santriwati dari pesantren tersebut. Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Sehati dipandu oleh Alivia Izfana dan Fitri Anisa, mahasiswi aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta angkatan 2022 selaku Master of Ceremony (MC).

WhatsApp_Image_2023-12-18_at_13.20.12.jpeg

Acara dimulai dengan pembukaan dan pembacaan do’a yang dipandu oleh MC. Setelah kegiatan pembukaan dan pembacaan do’a selesai, acara selanjutnya adalah sambutan oleh Ibu Een Kurnaesih, S.K.M, M.Kes selaku dosen pembimbing, Inara Perdana Kurnia selaku Ketua Pelaksana Penyuluhan Kesehatan Sehati, serta perwakilan dari Pesantren Yatim Cahaya Madinah. Setelah acara sambutan selesai, dilaksanakan sesi pretest sebelum sesi materi dimulai yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan awal peserta terkait gaya hidup sehat. Sesi pretest ini menjadi landasan untuk menilai sejauh mana informasi yang diberikan dapat memberikan dampak positif.

WhatsApp_Image_2023-12-18_at_13.20.29.jpeg

Sesi materi menjadi inti acara dengan fokus pada gaya hidup sehat. Materi penyuluhan disampaikan oleh tiga orang perwakilan panitia yaitu, Adhelya Putri Fatma Iqlima, Inara Perdana Kurnia, dan Syakirah Aghniyya. Materi mencakup pengenalan terhadap makanan bergizi, strategi untuk menghindari kebiasaan merokok, serta pentingnya konsumsi air putih yang cukup dalam menjaga kesehatan tubuh. Agar acara tetap menyenangkan dan interaktif, kami juga menyelipkan sesi ice breaking yang melibatkan semua peserta. Dalam sesi ini, terdapat berbagai permainan seru dengan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil memenangkannya. Kami berharap dengan adanya interaksi ini, peserta dapat lebih aktif dan terlibat dalam acara.

Acara ditutup dengan sesi evaluasi berupa post test untuk mengukur pemahaman yang telah didapatkan peserta selama acara. Pembagian konsumsi juga menjadi bagian penutup acara, dan kami juga memberikan kesempatan untuk berbincang santai dan berbagi pengalaman dengan para santri dan santriwati.

Kami mengundang seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun gaya hidup sehat. Mari jadikan kesehatan sebagai investasi utama untuk masa depan yang lebih baik.

Informasi