• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pendidikan Kesehatan Asi Eksklusif Oleh Mahasiswa Praktik Profesi Keperawatan Maternitas Tahun Ajaran 2023/2024

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 08 Desember 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 344

FIKES UPNVJ – Pada hari Rabu, 06 Desember 2023 telah dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai mengenai ASI eksklusif di Poli KIA Puskesmas Kedaung Kecamatan Sawangan Kota Depok. Kegiatan ini diikuti oleh para ibu dan calon ibu yang sedang melakukan pemeriksaan rutin Antenatal Care (ANC) di poli tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari praktik profesi keperawatan maternitas tahun ajaran 2023/2024. Pendidikan kesehatan ini dilaksanakan sebagai bentuk upaya promosi kesehatan untuk memelihara dan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

WhatsApp_Image_2023-12-08_at_10.40.14.jpeg

Rangkaian acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh mahasiswa Nadiya Fitriani Tanjung dan Galuh Nurulita Fitriani yang juga sebagai pemateri dari kegiatan pendidikan kesehatan kali ini. Kegiatan dilanjutkan dengan pengisian pre test untuk mengetahui sejauh mana para ibu dan calon ibu mengetahui mengenai ASI eksklusif. Selanjutnya dilakukan penyampaian materi dan diskusi mengenai apa itu ASI eksklusif, manfaat dan keunggulan ASI eksklusif, faktor-faktor yang memengaruhi produksi ASI, hingga fase-fase atau tahapan pengeluaran ASI. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan.

WhatsApp_Image_2023-12-08_at_10.40.57.jpeg

Kegiatan yang dibimbing oleh Ns. Dora Samaria, M.Kep ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu dan calon ibu mengenai ASI eksklusif serta sikap mereka di kemudian hari dalam pemberian ASI eksklusif kepada bayinya. Disamping itu, mahasiswa praktik profesi keperawatan yaitu Dinda Cantika Rahma, Nabilla Asmarany, Maulyda Azzahra, Indira Cahyani, dan Anis Partiwi bertindak sebagai fasilitator untuk mendampingi serta membantu para ibu dan calon ibu dalam rangkaian acara. Acara ditutup setelah peserta diberikan kesempatan untuk mengisi post test yang bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan mengenai ASI eksklusif setelah dilaksanakannya kegiatan pendidikan kesehatan.

WhatsApp_Image_2023-12-08_at_10.40.43.jpeg

Informasi