• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PjBL Kesehatan Matra “Edukasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Metode Storytelling dan Bermain Peran pada Anak Usia Dini TK Negeri Pembina”

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 15 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 386

FIKES UPNVJ - Pada hari Jumat 27 Oktober 2023 telah dilaksanakan kegiatan Project Kesehatan Matra berbentuk Edukasi dengan tema “Edukasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Metode Storytelling dan Bermain Peran pada Anak Usia Dini TK Negeri Pembina”. Kegiatan ini berlokasi di  TK Negeri Pembina Tingkat Nasional terletak di RT.6/RW.11, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260. Kegiatan Project ini dilakukan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan Semester 5 dan 7 serta Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Semester 5 yang didampingi oleh ibu Ns. Wiwin Winarti, M.Epid.,MN selaku dosen pembimbing kelas Matra A2. Target serta partisipan dari kegiatan ini adalah siswa siswi yang berusia berusia 4-6 tahun dari TK Negeri Pembina.

WhatsApp_Image_2023-11-15_at_13.46.31.jpeg

Rangkaian kegiatan diawali oleh pelaksanaan Pre-Test yang dilakukan oleh para siswa siswi di kelas, lalu setelah itu peserta mulai memasuki area pelaksanaan dibantu oleh para guru serta panitia yang bertugas. Setelah seluruh peserta dan pendamping hadir, acara langsung dibuka oleh MC serta disusul oleh pemberian sambutan oleh Ketua Pelaksana serta Kepala Sekolah dari TK Negeri Pembina.

WhatsApp_Image_2023-11-15_at_13.46.44.jpeg

Tak berselang lama, acara dilanjut dengan agenda utama yaitu penyampaian materi yang menggunakan metode Storytelling dan dilanjutkan dengan games serta simulasi dari kegiatan bencana banjir. Pelaksanaan acara dibuat sedemikian menyenangkan agar siswa-siswi TK Negeri Pembina dapat menikmati pembelajaran dalam suasana yang penuh keceriaan dan interaktif. Melalui berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan perkembangan usia mereka, acara ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan pengalaman menyenangkan, tetapi juga untuk merangsang kreativitas dan pemahaman konsep-konsep penting melalui cara yang menyenangkan dan menghibur.

WhatsApp_Image_2023-11-15_at_13.47.24.jpeg

Kegiatan dilanjutkan dengan simbolis penyerahan plakat dari Mahasiswa Program Studi Keperawatan Semester 5 dan 7 serta Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Semester 5 yang diwakili oleh Ketua Pelaksana kepada pihak TK Negeri Pembina yang diwakili oleh Kepala Sekolah. Kegiatan dilanjutkan oleh sesi foto bersama oleh seluruh peserta, pendamping, serta panitia. Lalu kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan Post-Test di ruang kelas siswa-siswi masing-masing.

WhatsApp_Image_2023-11-15_at_13.46.16.jpeg

Informasi