• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat Kesehatan Matra (IPE) “Sosialisasi& Demonstrasi Basic Life Support (BLS) pada Siswa Pecinta Alam/PMR, Paskibra&Pramuka; di SMAN 6 Depok”

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 19 Oktober 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 565

FIKES UPNVJ - Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 telah berlangsung kegiatan Project Turun Lapangan Pengabdian Masyarakat mata kuliah Kesehatan Matra dengan tema “Sosialisasi dan Demonstrasi Basic Life Support (BLS) pada Siswa Pecinta Alam/PMR, Paskibra, dan Pramuka di SMAN 6 Depok”. Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, dan Fisioterapi Program Sarjana dan didampingi oleh Dosen Pembimbing : Heri Wibisono, AMd.FT., S.Pd., M.Si., AIFO.

WhatsApp_Image_2023-10-19_at_12.40.57.jpeg

Kegiatan ini diikuti oleh pengurus ataupun anggota dari Ekstrakulikuler Pecinta Alam/PMR, Paskibra, dan Pramuka di SMAN 6 Kota Depok dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Acara ini dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 WIB di Jl. Raya Limo No. 30, Limo, Kota Depok, Jawa Barat 16514, Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mengenai Basic Life Support atau Bantuan Hidup Dasar sebagai bentuk upaya pertolongan pertama ketika para siswa/i ekstrakulikuler berisiko tersebut menemui korban tidak ada nadi dan napas ataupun dalam keadaan darurat.

WhatsApp_Image_2023-10-19_at_12.40.06.jpeg

Kegiatan ini dimulai dengan registrasi, pembagian snack, dan pre test kepada peserta. Lalu, pembukaan dan baca doa oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Acara selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh ketua pelaksana dan perwakilan sekolah. Selanjutnya, acara inti yaitu pemberian materi tentang Basic Life Support. Setelah pemaparan materi lalu pemutaran video langkah-langkah melakukan RJP. Lalu setelah itu para peserta mengajukan beberapa pertanyaan pada  sesi tanya jawab. Dilanjut dengan demonstrasi dan praktik RJP oleh para peserta. Dilanjut dengan pelaksanaan post-test serta dokumentasi dan penutupan MC.

WhatsApp_Image_2023-10-19_at_12.36.21.jpeg

Informasi