• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Studi Banding Mahasiswa Keperawatan FIKES UPN “VETERAN” Jakarta KE PK3D PEMPROV. DKI Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 07 Maret 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 568

FIKES UPNVJ - Hari ini, 06 Maret 2023 mahasiswa keperawatan program studi keperawatan program diploma tiga dan sarjana melakukan studi banding (filed trip) bersamaan dengan penerimaan praktikan keperawatan elektif program profesi ners di PK3D (Pusat Kritis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah) Provinsi DKI Jakarta yang bertempat di Jl. Kesehatan No. 10 RT.3/RW.6, Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

WhatsApp_Image_2023-03-07_at_10.08.22.jpeg

Kegiatan studi banding diselenggarakan sebagai bagian dari pembelajaran mata kuliah Praktik Klinik Keperawatan Matra. Tujuan kegiatan studi banding di PK3D Pemprov DKI Jakarta ini adalah agar mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan kompetensi mengenai pelayanan pre-hospital yang diselenggarakan baik pada kondisi sehari-hari maupun bencana.

WhatsApp_Image_2023-03-07_at_10.08.16.jpeg

Studi banding ini diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, menyanyikan Mars PPNI, sambutan perwakilan dari Keperawatan UPN “Veteran” Jakarta oleh Bapak Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes., M.Kep, dan dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Bapak dr. Winarto, MARS selaku Kepala Unit PK3D Provinsi DKI Jakarta.

WhatsApp_Image_2023-03-07_at_10.08.11.jpeg

Studi banding mahasiswa keperawatan UPN “Veteran” Jakarta merupakan pengenalan dan pengayaan mahasiswa keperawatan dalam pengenalan kompetensi kritis dan kegawatdaruratan kesehatan pre hospital. Mahasiswa Mengikuti simulasi penanganan henti jantung, alur penanganan layanan ambulans pada kegawatdaruratan sehari-hari, dan bencana, serta layanan ambulans darat, laut, dan udara.

WhatsApp_Image_2023-03-07_at_10.08.38.jpeg

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan seluruh sarana prasarana PK3D berupa ruangan auditorium,  ruangan Pendidikan dan Pengembangan Tenaga Kesehatan, Pusat Command Center Ambulance,  serta pengenalan jenis-jenis ambulans meliputi advance ambulance, ambulans motor (unit reaksi cepat), ambulans khusus infeksius, dan Newborn Emergency Transport Service (NETS) ambulance, dan ambulance VIP.

Selama pelaksaaan studi banding, mahasiswa didampingi oleh Ns. Lina Berliana Togatorop, S.Kep.,M.Kep selaku Plh. Sekretaris Prodi Keperawatan Program Diploma Tiga, Ns. Rycco Darmareja, S.Kep.,M.Kep selaku koordinator mata kuliah Keperawatan Matra, dan Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes., M.Kep selaku pembimbing keperawatan elektif.
Terselenggaranya kegiatan studi banding ini disambut baik oleh kedua institusi, oleh karenanya besar harapan dari kedua institusi agar kerjasama dalam berbagai macam bentuk program lainnya dapat diselenggarakan untuk kemajuan bersama.

Informasi