• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Mahasiswa Profesi Ners : Penanganan Dasar Kegawatdaruratan Pemberdayaan Masyarakat Di Masjid Istiqlal Periode 2

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Maret 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 328

FIKES UPNVJ - Pada hari Senin 20 Maret 2023 telah dilaksanakan pemberdayaan masyarakat dengan Judul Kegiatan Penanganan Dasar Kegawatdaruratan di masjid istiqlal yang berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kota Jakarta Pusat. Kegiatan Ini merupakan kolaborasi Pusat Krisis & Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) Jakarta dengan UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala bagian umum badan pengelola masjid istiqlal , Kasatpel PK3D, tim instruktur PK3D, Tim Ci (Clinical Instruktur) mahasiswa di lapangan, 3 orang Mahasiswa Profesi Ners UPNVJ dan peserta yang terdiri dari 50 staff di masjid istiqlal. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat mengetahui dan mampu melakukan penanganan dasar pada keadaan gawat darurat.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_09.16.18_(1).jpeg

Rangkaian Kegiatan ini terdiri dari Pengisian Pretest oleh peserta, sabutan dari kepala Bagian Umum, SDM dan Humas Masjid Istiqlal Dan Ketua Satuan Pelayanan Penyiapan Sumberdaya dan Pemberdayaan Masyarakat PK3D, penyampaian materi oleh 3 orang mahasiswi Profesi NERS UPN Veteran Jakarta, Pelatihan Bantuan Hidup Dasar yang dipimpin oleh Tim Instruktur PK3D, Penutupan, pengisian Post Test dan Foto Bersama.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_09.19.44.jpeg

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dimulai pada pukul 09.00 WIB dibuka oleh Tim Instruktur PK3D yaitu Ns. Anhari. Dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Bagian Umum, SDM dan Humas Masjid Istiqlal yaitu Dr. Ismail Cawidu, M.SI Dan Ketua Satuan Pelayanan Penyiapan Sumberdaya dan Pemberdayaan Masyarakat PK3D yaitu Ns. Ida Syarina, S.Kep.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_09.17.05_(1).jpeg

Dilanjutkan dengan Penyampaian Materi dari Mahawiswi Profesi NERS UPN Veteran Jakarta dan sesi tanya jawab oleh peserta. Materi Pertama yang dibawakan mengenai SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) disampaikan oleh Dina Krismayanti, S.Kep , Materi kedua mengenai BHD (Bantuan Hidup Dasar) Oleh Fauziana Dzulhia Putri, S.Kep dan Materi Ketiga Mengenai Luka dan Patah Tulang Oleh Rahmawati Eka Yulistyani, S.Kep.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_09.18.57.jpeg

Setelah sesi penyampaian materi dan tanya jawab telah selasai acara dilanjutkan dengan pelatihan Bantuan Hidup Dasar yaitu Resusitasi Jantung Paru (RJP) , Managemen Jalan Napas dan Managemen Tersedak oleh Tim instruktur PK3D yaitu Dokter Dzulkarnain, Ns. Anhari, Ns. Habibi, Ns. Gita, Ns. Sarah dan Ns. Fattimah. Pada sesi Pelatihan ini peserta diberi kesempatan untuk mencoba bagaimana cara Resusitasi Jantung Paru dan cara menangani pasien tersedak didampingi oleh tim Instruktur PK3D.

WhatsApp_Image_2023-03-27_at_09.14.31.jpeg

Kegiatan selesai pada pukul 11.30 ditutup dengan pengisian Pos Test dan foto Bersama. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini staff masjid istiqlal mampu melakukan Resusitasi Jantung Paru dan mampu melakukan panggilan darurat ke 119 atau aplikasi jaki apabila ada keadaan darurat.

Informasi