• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Program Studi Keperawatan UPN Veteran Jakarta 2020

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 01 November 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 843

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 telah berlangsung kegiatan Webinar Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta dengan tema “Covid-19 dan Generasi Muda: Mengakselerasi Transformasi Kerentanan Menjadi Resiliensi Terhadap Pengurangan Risiko Bencanayang diadakan dalam rangka memperingati bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang jatuh pada bulan oktober. Acara ini dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa Jurusan Keperawatan (S1 dan D3 Keperawatan) UPN Vetaran Jakarta. Kegiatan ini dilakukan via online melalui zoom meeting. Peserta yang hadir lebih dari 20 Provinsi yang terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, sektor pemerintahan, dan mahasiswa. Jumlah peserta yang hadir via zoom meeting lebih dari 500 peserta.

WhatsApp_Image_2020-10-21_at_09.07.20.jpeg

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai upaya penanggulangan COVID 19, strategi penanggulangan dalam menghadapi bencana di Indonesia, penguatan surveilens dari deteksi dini, penguatan peran relawan, sinergitas seluruh lapisan masyarakat dalam mengadapi pandemik, penguatan peran mahasiswa, dan penguatan tata kelola manajemen pelayanan kesehatan. Disamping itu, acara ini menjadi suatu ide dan hal yang baik untuk upaya pelaksanaan kebijakan baru dalam memutus mata rantai penularan dan menurunkan case fatality rate (CFR) dari COVID 19.

PRB.jpg

Webinar Nasional Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta 2020 ini dibawakan oleh Lilik Kurniawan, S.T, M.Si., Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB.

PRB1.jpg

Pembicara kedua adalah Letkol. CKM Hendik Wicaksono, Ns, S.Kep, M.Kep., selaku Koordinator Medis Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

PRB2.jpg

Pembicara terakhir yaitu Desak Nyoman Sithi, S.Kp, MARS, Ph.d sebagai Dosen dan Koordinator Kesehatan Matra Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Acara ini juga dibantu oleh moderator yang merupakan Dosen Keperawatan juga yaitu Rony Basirun Simatupang, S.Kep, M.Si (Han). Acara ini mendapat tanggapan baik dan antusias yang besar dari peserta karena bermanfaat dan menjadi bahan evaluasi mengenai penanggulangan COVID-19 di Indonesia.

Informasi