• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Tips di hari ke 11 Ramadhan yaitu tentang Melatih Anak Berpuasa

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 Mei 2020
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 977

FIKES UPNVJ - Program Studi S1 Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta memberikan Tips di hari ke 11 Ramadhan yaitu tentang Melatih Anak Berpuasa

tips11.jpg

Tips Melatih Anak Berpuasa
1. Kesiapan anak untuk berpuasa : anak anak dapat diajarkan berpuasa mulai umur 6 atau 7 tahun tergantung kondisi fisik anak
2. Ceritakan makna, tujuan dan tata cara berpuasa secara positif dan menyenangkan sehingga anak2 tertarik melakukannya
3. Tawarkan kapan waktu mulai belajar berpuasa dan tidak memaksakan anak untuk dapat langsung berpuasa secara penuh. Bisa dimulai dengan berpuasa setengah hari terlebib dahulu.
4. Ciptakan suasana berpuasa yang menyenangkan. Ayah, ibu dan kakak bisa mencontohkan dari mulai sahur dan berbuka puasa dengan gembira dan penuh rasa syukur. Ayah dan Ibu dapat mengajak anak-anak berkegiatan dengan semangat seperti membersihkan taman dan membersihkan rumah atau membantu ibu memasak.
5.menyiapkan makanan sahur dan berbuka puasa yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaannya. Ibu dapat mendiskusikan makanan apa yg ingin dimakan oleh anak dan memastikan kebutuhan energi nya terpenuhi.
6. Berikan apresiasi seperti pujian jika anak berhasil menjalankan puasa terlepas dari berapa lama (setengah/penuh hari) ia mampu menjalankan puasa. (NIS)

#ramadan #ramadhan #ramadhantiba #puasa #puasaramadhan #puasa2020 #tipspuasa

Informasi