• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI “Build Good Cooperation to Elevate the Quality of Nutrition Organizations"

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 21 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 288

FIKES UPNVJ - Depok, 19 November 2023- Dengan rasa bangga, Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta telah melaksanakan serangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI dengan tema “Build Good Cooperation to Elevate the Quality of Nutrition Organizations”. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI merupakan kegiatan awal tahun bagi kepengurusan Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) 2023/2024 yang membahas program kerja ILMAGI selama satu periode kepengurusan serta tenderisasi acara nasional. Kegiatan ini berlangsung di Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi DKI Jakarta selama 3 hari pada tanggal 17-19 November 2023.

WhatsApp_Image_2023-11-21_at_08.21.19.jpeg

Kegiatan hari pertama diawali dengan registrasi peserta, pembukaan oleh MC, dan pemutaran lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN “Veteran” Jakarta. Acara dilanjut dengan sambutan-sambutan yang diberikan oleh Azzahra Bonita Nugroho selaku Ketua Pelaksana Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI, Olvi Oktafiani selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) periode 2022/2023, Muhammad Maulana Ardhan selaku Sekretaris Jenderal Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia (ILMAGI) Terpilih periode 2023/2024, dan Ibu Dr. Nur Intania Sofianita, S.I.Kom., M.K.M. selaku Koordinator Program Studi Gizi Program Sarjana. Kemudian, dilakukan sosialisasi oleh Pengurus Daerah Asosiasi Nutrisionis Indonesia Jakarta (PD AsNI Jakarta) yang dilanjut dengan peresmian pembukaan dan parade delegasi perguruan tinggi, pembacaan doa, pembukaan sidang, pembacaan tata tertib sidang, dan pemilihan presidium. Selanjutnya, dilakukan pelantikan BPI dan Koordinator Wilayah ILMAGI periode 2023/2024 serta pemaparan program kerja dari Dewan Pertimbangan Agung (DPA), Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, serta Koordinator Wilayah. Rangkaian acara berikutnya adalah pelantikan departemen ILMAGI periode 2023/2024 dan pemaparan program kerja dari masing-masing departemen, yaitu Departemen Ad Hoc, Isu dan Advokasi, Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (PSDM), Pengabdian Masyarakat, dan Finansial.

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan registrasi, pembagian snack, dan pembukaan. Pemaparan program kerja dilanjutkan oleh Departemen Informasi dan Komunikasi, Pendidikan dan Profesi, Hubungan Masyarakat, dan pengenalan serta pemaparan program kerja oleh Aliansi Organisasi Mahasiswa Kesehatan Indonesia (AOMKI). Kegiatan berikutnya adalah tenderisasi, penutupan sidang, dan diakhiri dengan city tour ke Kota Tua.

Hari berikutnya, peserta mengikuti kegiatan seminar nasional bernama Nutrition on Trends (NEUTRONS) dengan tema “Optimizing Nutrition in The Digital Era: Navigating Trends and Challenges” yang termasuk dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI. Acara diawali dengan registrasi, pembagian snack, serta pemutaran lagu Indonesia Raya, Mars Bela Negara, dan Mars UPN “Veteran” Jakarta. Kemudian, terdapat sambutan-sambutan yang diberikan oleh Ruri Firliani Darmadi selaku Ketua Pelaksana Nutrition on Trends (NEUTRONS), Olvi Oktafiani selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Gizi (HIMAGI) periode 2022/2023, dan Ibu Dr. Nur Intania Sofianita, S.I.Kom., M.K.M. selaku Koordinator Program Studi Gizi Program Sarjana. Selanjutnya, acara diserahkan kepada moderator yang diawali dengan pembacaan CV moderator. Moderator melanjutkan dengan opening statement dan pembacaan CV pembicara pertama, yaitu Ibu Dr. Firlia Ayu Arini, S.K.M., M.K.M.. Sebelum masuk sesi materi, terdapat pengisian pretest. Setelahnya, pembicara pertama memaparkan materi, melakukan sesi tanya jawab, dan mendapatkan sertifikat yang diserahkan oleh ketua pelaksana. Acara dilanjut dengan pemaparan materi dari pembicara kedua, yaitu Ibu Gita Kartika Ramadhani, S.Gz., yang kemudian dilanjut sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat oleh ketua pelaksana. Setelah istirahat, salat, dan makan dilakukan ice breaking yang kemudian dilanjut dengan pemaparan materi dari pembicara ketiga yaitu Ibu Khairizka Citra Palupi, S.Gz., M.Sc., yang juga dilanjut dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat oleh ketua pelaksana. Sebelum berakhir, peserta diarahkan untuk mengisi post-test terlebih dahulu. Setelahnya, terdapat closing statement dari moderator dan acara ditutup oleh MC. Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi panitia, ILMAGI, dan pembicara seminar. Sebanyak 86 peserta, baik Pengurus Harian Nasional (PHN) ILMAGI maupun delegasi perguruan tinggi, turut hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) XV ILMAGI.

Informasi