• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

PJBL Kesehatan Matra Studi Lapangan Project Penyuluhan Kesehatan Healthy Sport, Fun Sport: Pertolongan Pertama Pada Cedera Saat Olahraga

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 08 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 264

FIKES UPNVJ - Dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Kesehatan Matra dan demi menjalankan tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa yang tergabung dalam mata kuliah Kesehatan Matra, Kelompok 2 Kelas B3 dengan Dosen Pembimbing Heri Wibisono, S.Pd., M.Si., AIFO.,  telah mengadakan Pengabdian Masyarakat pada tanggal 25 Oktober 2023 dengan tema “Health Sport, Fun Sport : Pertolongan Pertama pada Cedera Saat Olahraga”. Kegiatan yang bertempat di SMA Negeri 34 Jakarta, Pondok Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, berlangsung dengan lancar dan diwarnai oleh antusiasme para peserta yang merupakan siswa ekstrakurikuler futsal. Kegiatan dihadiri oleh 22 orang peserta, Pembina Ekstrakurikuler Futsal, dan Staff Kesiswaan SMA Negeri 34 Jakarta.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.05.46.jpeg

Kegiatan diawali dengan registrasi peserta kemudian kegiatan dibuka oleh pembawa acara (Ria Nur Fitria dan Novi Nursifa) dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana (Muhammad Harits Saefullah Saputro), sambutan dari pembina ekstrakurikuler futsal (Eka Permana M.Pd) dan sambutan staff kesiswaan (Aditya Suryana S.Pd). Kemudian acara secara resmi dibuka dengan penyerahan plakat dan sertifikat dari mahasiswa kepada pihak SMAN 34 Jakarta yang diwakilkan oleh ketua pelaksana kepada staf kesiswaan. Kemudian peserta diarahkan untuk mengisi pre-test.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.05.36.jpeg

Setelah itu pemaparan materi Health Sport, Fun Sport Pertolongan Pertama pada Cedera saat Olahraga oleh mahasiswa, yaitu Vionita Apriliana dan Salma. Lalu mahasiswa mendemonstrasikan cara pembidaian dan RICE sebagai salah satu cara pertolongan pertama saat cedera. Selanjutnya beberapa peserta diminta untuk ikut mempraktikkan kembali dan dilanjut dengan sesi tanya jawab.

Kegiatan selanjutnya adalah games berhadiah berupa estafet bola yang dimenangkan oleh 13 orang peserta dengan mekanisme yaitu pembawa acara memberikan pertanyaan terkait materi yang telah disampaikan oleh pemateri. Dilanjut pemberian hadiah kepada para pemenang games.

WhatsApp_Image_2023-11-08_at_14.03.29.jpeg

Sebelum mengakhiri kegiatan peserta diminta untuk mengisi post-test dan dilanjut dengan penutupan oleh pembawa acara. Kemudian kegiatan diakhiri dengan pemberian souvenir kepada seluruh peserta dan diadakan foto bersama.

Informasi