• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KSM Batavia SIGAP (Simulasi Tanggap Bencana) 2023

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 November 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 578

FIKES UPNVJ - SIGAP (Simulasi Tanggap Bencana) 2023 merupakan salah satu program kerja dari KSM Batavia yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta kesiapan staff dan volunteer KSM BATAVIA, yang akan diberikan langsung oleh para ahli. Selain itu acara ini bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang telah disampaikan pada program kerja Kelas Batavia. SIGAP dilaksanakan pada 11 November 2023 pada hari Sabtu dan dilaksanakan secara offline. Acara ini dihadiri oleh 25 peserta yang terlihat antusias mengikuti SIGAP kali ini. Acara ini berlangsung selama 5 jam 30 menit dari pukul 08.00 – 13.30 dan dimulai dengan  pembukaan, pengisian pretest, pembacaan tata tertib, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan MARS Bela Negara.

4.jpg

Acara selanjutnya berupa sambutan dari ketua pelaksana Kelas Batavia 2023 oleh Salwa Gita Putri. Kemudian, acara memasuki bagian inti yaitu pemaparan cv kemudian lanjut menuju sesi pemaparan materi dengan materi Basic First Aid sebelum melaksanakan praktik. Pemaparan materi dan praktik dibimbing langsung oleh fasilitator PMI yaitu Alfiana Nur Az Zahra dan Neza Gustania Sari. 

5.jpg

Kemudian, acara memasuki bagian inti selanjutnya yaitu pelaksanaan praktik yang dimulai dengan praktik cara evakuasi korban, praktik penanganan terhadap orang pingsan, praktik RJP, praktik pembidaian untuk patah tulang dan praktik pembidaian terhadap cedera. Setelah acara intinya selesai yaitu pemaparan materi dan praktik. Lalu acara memasuki sesi terakhir yaitu pemberian sertifikat, ice breaking, post test, dan penutupan acara.

Informasi