• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

KEGIATAN SEMINAR NASIONAL ADMINISTRASI DAN KEBIJAKAN KESEHATAN 2023

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 02 Juli 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 380

FIKES UPNVJ - Telah dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta pada hari Minggu, 25 Juni 2023 yang dilaksanakan secara online menggunakan platform Zoom Meeting. Kegiatan Seminar Nasional AKK 2023 mengangkat tema “The Empowerment of National Health Insurance in Indonesia with HUB (How It Works, the Urgency, and the Benefits) as the Implementation of Universal Health Coverage”. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini yaitu  sebagai pemenuhan tugas akhir salah satu mata kuliah semester 6 yaitu Seminar Profesi, serta untuk menyebarluaskan pemahaman terkait pemberdayaan Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia melalui cara kerja, urgensi, dan manfaatnya untuk menuju cakupan kesehatan semesta. 

Screenshot_12.jpg

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Prodi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta, para praktisi, akademisi, dan seluruh masyarakat umum, serta pihak-pihak yang peduli terhadap perkembangan dan pemberdayaan asuransi kesehatan di Indonesia. Kegiatan Seminar Nasional AKK 2023 berlangsung selama 4 jam 30 menit. Dengan menghadirkan 1 Keynote Speaker dan 3 Pembicara, kegiatan ini dibuka oleh Putri Regita Miolda mahasiswi Prodi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta Angkatan 2020 selaku MC. 

Setelah acara dibuka dilakukan sesi foto bersama, kemudian dilanjut dengan pemutaran video Company Profile CAKAP dan BAHASO selaku sponsor dalam kegiatan Seminar Nasional AKK 2023. Lalu dilajutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara serta pemutaran video Company Profile Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi sambutan yang disampaikan oleh Bapak Apt. Riswandy Wasir, M.P.H., PhD. selaku Dosen pengampu mata kuliah Seminar Profesi AKK, Bepak Arga Buntara, S.K.M., M.P.H. selaku Koordinator Prodi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta, dan Ibu Ns. Fiora Ladesvita, M.Kep., Sp.Kep.MB selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. 

Screenshot_13.jpg

Lalu memasuki acara inti yang dibuka oleh Bapak Prof. dr. Hasbullah Thabrany M.P.H., Dr. P.H. selaku keynote speaker dengan topik bahasan “Kondisi, Upaya, dan Cakupan Kepesertaan Asuransi Kesehatan di Indonesia”. Sesi seminar dipandu oleh Ibu Dr. Novita Dwi Istanti, S.K.M., M.A.R.S. selaku moderator.

Screenshot_14.jpg

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Acim Heri Iswanto, S.K.M., M.A.R.S. dengan membahas terkait “Optimalisasi dan Strategi Program JKN-KIS sebagai SoScreenshot_15.jpglusi Penguatan Keseimbangan Kesehatan di Era Digitalisasi”. Kemudian dilanjutkan dengan sesi ice breaking yang dipandu oleh MC. 

Selanjutnya Dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Suvany Tjie dengan membahas terkait “Strategi yang Tepat untuk Milenial dalam Menentukan Asuransi Kesehatan”. Lalu pemaparan materi ketiga dari narasumber Prasetio Hadi Pratama yang membahas terkait “Menumbuhkan Pemahaman Generasi Z terhadap Asuransi Kesehatan”. 

Setelah sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Sesi tanya jawab berjalan dengan aktif dan interaktif. 

Sebelum acara ditutup terdapat pengumuman pemenang sesi Ice Breaking Seminar Nasional AKK 2023. Lalu acara ditutup dengan pengisian link absensi berupa quiz dan evaluasi yang dipandu oleh MC. 

Informasi