• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Konferensi Nasional Keperawatan FIKES UPN Veteran Jakarta Tahun 2023 Program Studi Keperawatan Program Pendidikan Ners

  • Terakhir diperbaharui : Sabtu, 10 Juni 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 525

FIKES UPNVJ - Program Studi Pendidikan Ners Program Profesi menyelenggarakan kegiatan dengan tema Konferensi adala Update dan Tantangan Implementasi Evidence Based Practice Asuhan Keperawatan Medikal Bedah. Kegiatan ini adalah project angkatan mahasiswa profesi Ners TA. 2022-2023. Selain webinar yang bertema Implementasi Evidence Based Practice Asuhan Keperawatan Medikal Bedah yang menghadirkan para ahli KMB, yaitu Prof. Dra. Elly Nurachmah, M.App.Sc. DNSc. Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB., dan Ns. Umi Aisyiyah, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.MB. Kegiatan ini juga diikuti dengan adanya desiminasi case report/laporan kasus karya ilmiah akhir Ners dalam bentuk oral presentasion dan poster presentation. Selain itu, peserta juga mengirimkan artikelnya untuk didesiminasikan melalui prosiding konferens.   

Screenshot_69.jpg

Adapun rangkaian acara Webinar Kesehatan Matra ini yaitu Pembukaan oleh Sondang Mariani (Mahasiswa Ners) selaku Master of Ceremony, lalu sambutan oleh Nur Fitria Firliani selaku Ketua Pelaksana, Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Ibu Desmawati, S.Kp., M.Kep.,Sp. Mat., Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa narasumber webinar merupakan para ahli yag hebat di bidamg Keperawatan Medikal Bedah. Peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan manfaat antara lain mendapatkan informasi update tentang Evidence Based Practice Asuhan Keperawatan Medikal Bedah, informasi update tentang Evidence Based Practice khususnya Asuhan Keperawatan Medikal Bedah pada neuroscience dan musculoskeletal, informasi gambaran penerapan research utilization atau Evidence Based Practice oleh mahasiswa Ners. Dan bagi peserta sebagai presentan sebagi Ajang mendesiminasikan hasil praktik, dan sebagai ajang kompetisi nasional dalam hal oral/presentation serta penulisan artikel case report.

Screenshot_70.jpg

Para peserta terdiri dari pimpinan prodi keperawatan, dosen keperawatan, CI/Pembimbing klinik RS dimana mahasiswa Ners praktik: RSPAD Gatot Soebroto, RS POLRI Soeyoto, RSUD Tarakan, RSUD Pasar Minggu, RSUD Depok, RSUD dr. Chasbullah Abdulmajid Kota Bekasi. Peserta mahasiswa dari intitusi keperawatan Di Indonesia antara lain Stikes Payung Negeri Pekanbaru, Stikes Pertamedika Jakarta,  Stikes WDH Tangerang,  Stikes Medistra Indonesia, Stikes Mitra Keluarga,  Akper Berkala Widya Husada,. Universitas Muhammadiyah Jakarta, Stikes Perintis Medan. Peserta juga berasal dari  dosen keperwatan dan perawat rumah sakit, serta Mahasiswa Profesi Ners, S1 dan D3 Keperawatan UPN Veteran Jakarta.

Screenshot_71.jpg 

Harapan kegiatan ini dapat  meningkatkan kemampuan dan pengalaman mahasiswa mendesiminasikan hasil praktik khsusunya case report berbasis EBN. Kegiatan ini akan dilakukan setiap tahun dan akan meningkatkan berbagai kategori kompetisi nasional yang terkait untuk meningkatkan prestasi mahasiswa Ners secara nasional Pemahaman mengenai “Penerapan Teori kedalam Praktik melalui Implementasi Evidence Based Asuhan Keperawatan Medikal Bedah” dipaparkan oleh Ibu Prof. Dra. Elly Nurachmah, M.App.Sc. DNSc. Kemudian sesi pemaparan materi oleh Narasumber yang dipandu oleh Ibu Ns. Fiora Ladesvita, M. Kep., Sp. Kep. MB selaku Moderator.

Screenshot_72.jpg

Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab bersama Narasumber. Sesi tanya jawab ini berjalan lancar dan tampak antusiasme dari peserta. Kemudian pemaparan materi kedua mengenai “EBP Asuhan Keperawatan Neurosicience di Masa Transisi Covid – 19” oleh Bapak Dr. I Made Kariasa, S.Kp., M.M., M.Kep., Sp.KMB. Dan dilanjutkan materi terkait “Implementasi Evidence Based Nursing Pada Asuhan Keperawatan Muskuloskeletal” oleh Ibu Ns. Umi Aisyiyah, S.Kep., Sp.Kep.MB, M.Kep.

Screenshot_68.jpg

Lalu dilanjutkan sesi tanya jawab bersama para Narasumber. Sesi tanya jawab ini berjalan lancar dan tampak antusiasme dari peserta. Selanjutnya acara diakhiri dengan pengisian link evaluasi oleh peserta webinar.

Informasi