• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

FORHAPS SHARING : TALKSHOW FORSHA 2023

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 06 Juni 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 201

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu, 3 Juni 2023, Forum of Health and Administration Policy Student (Forhaps) yang merupakan club di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) telah melaksanakan kegiatan Forhaps Sharing : Talkshow Forsha 2023 yang bertemakan “Universal health Coverage in Indonesia : Concept, Progress, and Challenges”. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Humas yang memiliki tujuan untuk membagikan ilmu terkait Administrasi Kebijakan Kesehatan.

Screenshot_59.jpg

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa mahasiswa internal UPN “Veteran” Jakarta dan mahasiswa umum. Total dari peserta yang hadir adalah sebanyak 58 peserta. Selain itu, kegiatan ini juga turut mengundang Bapak Apt. Riswandy Wasir, S.Farm., M.P.H., PhD. selaku Dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat. Acara ini diawali dengan adanya pengisian pretest dan dilanjutkan dengan beberapa sambutan yang diberikan dari Putri Andini Novianti yang merupakan Ketua Pelaksana Talkshow Forsha 2023. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Putri Aulia Rosmayani yang merupakan  Ketua Forhaps periode 2023/2024, kemudian sambutan dari Muhammad Imam Fadhillah yang merupakan Ketua HMKM periode 2023/2024, serta sambutan terakhir yang disampaikan oleh Bapak Arga Buntara, S.K.M., M.P.H. yang merupakan Koordinator Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta.

Screenshot_60.jpg

Kegiatan ini dipandu oleh pembawa acara yaitu Aghniya Choirunnisa dan moderator yaitu Siti Humaira Syarif. Keduanya merupakan mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat UPN “Veteran” Jakarta Angkatan 2020. Pada sesi Talkshow disampaikan oleh pembicara pertama yaitu Bapak Apt. Riswandy Wasir, S.Farm., M.P.H., PhD. Pada pembahasan pertama ini disampaikan bahwa adanya penerapan atau implementasi Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia. Selain itu, Pak Riswandy juga menjelaskan adanya perbedaan yang signifikan ketika sebelum dan sesudah UHC diterapkan di Indonesia.

Screenshot_61.jpg

Tentu penerapan UHC ini membawa Penyampain materi kedua ini lebih menjelaskan tantangan serta kekurangan yang terjadi dalam penerapan program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC). Masih banyak sekali beberapa tantangan yang dihadapi oleh pelayanan kesehatan di Indonesia terkhusus pada daerah 3T (Tertinggal. Terdepan, dan Terpencil). Selain itu juga, permasalahan yang sangat terlihat terjadi karena beberapa sebab, seperti kurangnya kelengkapan sarana prasarana, kurangnya pemanfaatan data dan sistem informasi, serta masih belum meratanya distribusi kualitas tenaga kesehatan. Setelah penyampaian materi oleh pembicara kedua dilanjutkan oleh adanya sesi tanya jawab dengan para peserta.

Screenshot_62.jpg

Di penghujung acara talkshow, pemandu acara mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan pembicara yang telah berkenan untuk menghadiri kegiatan Talkshow Forsha 2023 dan kemudian dilanjutkan dengan sesi mengisi presensi dan evaluasi kegiatan. Diharapkan dari kegiatan yang telah diselenggarakan ini dapat memberikan manfaat dan wawasan yang luar biasa kepada para peserta yang telah hadir. (PRM/PAR/PAN)

Screenshot_63.jpg

Informasi