• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Sport Physioterapy 2.0 Program Studi Fisioterapi Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta 2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 Maret 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 636

FIKES UPNVJ - Minggu, 5 Maret 2023 telah dilaksanakan Workshop Sport Physioterapy 2.0 dengan tema “Peran Fisioterapi dalam Meningkatkan Prestasi Atlet Badminton sebagai Aset Bangsa”. Acara ini merupakan acara lanjutan dari Webinar yang telah di laksanakan terlebih dahulu yaitu pada 4 Maret 2023. Acara ini berlangsung offfline di Kampus Limo UPN “Veteran” Jakarta. Acara dibuka oleh MC sekitar pukul 08.50 dan peserta sudah hadir dari pukul 08.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa fisioterapi, dosen fisioterapi, dan juga praktisi fisioterapi. Pembukaan dan materi pertama pada acara ini dilaksanakan di Kampus Limo UPN “Veteran’ Jakarta Gedung MERCe Fakultas Kedokteran Lantai 8. Acara ini dibuka oleh MC yaitu Varsha Ravita, kemudian sambutan yang pertama oleh ketua pelaksana Fatiya Qorrii’aina Mulkan, kemudian ketua HISFO Aqilla Adriani, dan terakhir oleh Kepala Jurusan Fisioterapi Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_12.06.14.jpeg

Setelah sambutan-sambutan MC memandu para peserta untuk berdoa sebelum memulai acara ini. Kemudian para hadirin dipersilahkan berdiri untuk menyanyikan dan mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Bela Negara. Hadirin dipersilahkan duduk kembali dan masuklah ke pemaparan materi yang pertama oleh Bapak Ftr. Endri Hermawan, M.H., NMTC-CT. Beliau merupakan Fisioterapis bidang Sport Medicine, beliau adalah fisioterapis PBSI. Dalam materinya, beliau memaparkan tentang “Mengenal Lebih Dekat Insiden Cedera Lutut & Tata Laksana Fisioterapi pada Olahraga Badminton”.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_12.06.41.jpeg

Pemaparan materi ini berlangsung selama satu jam setengah, para peserta sangat tertarik dan aktif pada materi yang beiau paparkan. Ditengah tengah materi juga beliau meminta satu orang untuk dijadikan model. Salah satu mahasiswa fisioterapi mengajukan diri dan siap untuk menjadi model dalam pemaparan materi ini, setelah selesai masuklah ke sesi tanya jawab. Peserta bertanya dan langsung dijawab oleh Bapak Endri.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_12.07.12.jpeg

Selanjutnya adalah pemaparan materi yang kedua oleh Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO. Beliau merupakan Kepala Jurusan Fisioterapi di UPN “Veteran” Jakarta dan Dosen Fisioterapi di UPN “Veteran” Jakarta juga. Beliau memaparkan materi di Lt. 7 ruang gym sekaligus mendemokan langsung latihan-latihan yang beliau jelaskan. Materi yang disampaikan Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO. Terpotong oleh jam ISHOMA. Para peserta diberi waktu untuk makan dan beribadah. Kemudian Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO memaparkan beberapa materi singkat lagi.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_12.07.02.jpeg

Selanjutnya adalah penyerahan sertifikat kepada para pembicara dan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi. Setelah sesi dokumentasi, para peserta workshop diarahkan oleh panitia untuk segera hadir di hidroterapi. Hidroterapi sendiri merupakan salah satu fasilitas baru yang dimiliki oleh Fisioterapi UPN “Veteran” Jakarta. Disana materi akan dipaparkan dan langsung diperagakan oleh Bapak Andy Sirada, SST.FT., M.Fis. Beliau adalah dosen fisioterapi di UPN “Veteran” Jakarta dan beliau merupakan Aquatic Physiotherapist. Bapak Andy merupakan pemateri terakhir. Setelah pemaparan selesai, MC menutup acara dan mempersilahkan peserta untuk mengisi link absensi.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_12.05.29.jpeg

Informasi