• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Webinar Sport Physioterapy 2.0 Program Studi Fisioterapi Program Sarjana 2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 06 Maret 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 797

FIKES UPNVJ - Pada hari Sabtu 4 Maret 2023 telah dilaksanakan Webinar Sport Physioterapi 2.0 dengan tema “Peran Fisioterapi dalam Meningkatkan Prestasi Atlet Badminton sebagai Aset Bangsa”. Webinar ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Fisioterapi Program Sarjana (HISFO) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Ketua pelaksana dari acara ini adalah Fatiya Qorrii’aina Mulkan, MC Varsha Ravita, dan moderator Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO. Acara ini dilakukan untuk menambah wawasan para peserta, dan juga untuk mengetahui lebih dalam tentang fisioterapi dan perannya.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_11.55.46.jpeg

Webinar Sport Physioterapi 2.0 ini dihadiri oleh 174 peserta dengan 92 peserta SKP dan 82 peserta Non-SKP. Peserta yang hadir dalam acara ini terdiri dari mahasiswa fisioterapi, dosen fisioterapi, dan juga praktisi fisioterapi. Para peserta berasal dari beberapa provinsi yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Bali, dan Sumatera. Acara ini dibuka oleh MC pukul 08.15 WIB para peserta sudah ada yang bergabung dari pukul 07.00 WIB. MC memandu membaca doa, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjut dengan mendengarkan Mars Bela Negara.

Setelah mendengarkan lagu semua hadirin melakukan sesi foto bersama yang dipandu oleh MC. Sesi foto bersama ini menggunakan 2 pose, yaitu pose formal dan pose Bela Negara. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua pelaksana yaitu Fatiya Qorrii’aina Mulkan, kemudian yang kedua oleh ketua HISFO yaitu Aqilla Adriani, yang ketiga oleh Kepala Program Studi Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta Bapak Heri Wibisono, AMd. Ft, S.Pd, M.Si, AIFO, dan sambutan terakhir sekaligus yang membuka acara adalah Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yaitu Ibu Ns. Santi Herlina S.Kep, M.Kep, Sp.Kep MB.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_11.55.57.jpeg

Setelah sambutan-sambutan, MC menyerahkan acara ini kepada moderator kemudian MC membacakan terlebih dahulu CV dari Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO. Kemudian acara ini dipandu oleh beliau. Pembicara pertama adalah Bapak Muhammad Irfan, S.Ft, SKM, M.Fis, beliau adalah Sekjen Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI). Beliau membawakan materi tentang sejarah fisioterapi dan profesi fisioterapi. Setelah sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Setelah semua pertanyaan terjawab pembicara diberikan sertifikat secara simbolis dan tidak lupa untuk di dokumentasikan.

Selanjutnya, materi yang kedua dipaparkan oleh Bapak Dr. Leonardo Lubis, dr., AIFO., M.Kes. Beliau merupakan Direktur AIFO Indonesia. Beliau memaparkan materi tentang Sport Injuries Management in Badminton. kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tidak lupa pemberian sertifikat kepada pembicara sekaligus didokumentasi. Setelah pemaparan materi kedua ini moderator mengembalikan acara kepada MC dan dilanjutkan dengan ishoma selama 45 menit. Peserta diizinkan untuk keluar dari room zoom namun harus kembali lagi ke room zoom sesuai waktu yang telah ditentukan.

Pukul 12.45 WIB peserta sudah hadir kembali di room zoom, kemudian dibuka lagi oleh MC. Sesi selanjutnya adalah Ice Breaking yang menggunakan platform Quizizz. Ada sekitar 120 peserta yang bergabung dalam sesi ini. Dalam kuis ini terdapat 5 soal dari materi-materi yang suah dipaparkan sebelumnya. Peserta yang menang adalah yang menjawab dengan benar dan cepat pada setiap pertanyaannya. Dari sesi kuis ini didapatkan 3 orang pemenang yaitu 1st Farah Nur’aini Ramadhanti dari UPN “Veteran” Jakarta, 2nd Alyaa Hanandra Triannisa dari UPN “Veteran” Jakarta, dan 3rd Selvina Belobua S.Ft, Ftr dari Mayapada Hospitas Jakarta Selatan. Ketiga pemenang ini akan dihubungi oleh panitia untuk kemudian dikirimkan hadiah.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_11.56.01.jpeg

Setelah selesai sesi kuis, MC menyerahkan kembali acara ini kepada moderator. Moderator kembali memandu acara pembicara terakhir yaitu Bapak Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO. Beliau adalah Ketua Jurusan Fisioterapi UPN “Veteran” Jakarta. Bapak Agus memaparkan materi tentang Return to Play Guidelines & Critera. Setelah pemaparan materi, dibuka sesi tanya jawab dan langsung dijawab oleh Bapak Agus. Selanjutnya, sesi pemberian sertifikat kepada pembicara dan tidak lupa untuk didokumentasikan oleh panitia yang bertugas.

WhatsApp_Image_2023-03-06_at_11.55.35.jpeg

Semua pemateri sudah menyampaikan materinya dengan jelas dan juga semua pertanyaan sudah dijawab baik oleh pemapar materi. Moderator mengembalikan acara kepada MC. Karena seluruh rangkaian acara sudah selesai MC mengumumkan pemenang dari sesi kuis sebelumnya. Setelah itu MC menutup acara dan tidak lupa MC mengingatkan agar para peserta mengisi absensi kehadiran melalui link yang sudah diberikan oleh panitia. Peserta diizinkan meninggalkan room zoom setelah mengisi link absensi.

Informasi