• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Program Studi Fisioterapi Program Sarjana FIKES UPN "Veteran" Jakarta Mengikuti Olimpiade Nasional Children With Autism Spectrum Disorder

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 14 Maret 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 437

FIKES UPNVJ - Olimpiade Nasional Children with Autism Spectrum Disorder (ASD). Merupakan kompetensi dalam bidang pendidikan yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Fisioterapi Anak Indonesia (PFAI). Olimpiade Nasional Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) menjadi ajang dimana mahasiswa dituntut untuk dapat berpikir secara kritis dalam mengingat serta menguasai materi maupun praktik yang telah diperoleh mahasiswa. Bentuk soal yang akan disajikan oleh panitia pelaksana lomba berbentuk pernyataan dimana peserta diminta untuk menjawab benar atau salah. Pada babak final, peserta diberi pembahasan soal kasus dan diminta mempresentasikan intervensinya. Lomba ini terdiri dari dua babak yaitu babak penyisihan, dan babak final.

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_09.44.39.jpeg

Acara ini dilaksanakan via offline di Balai Krida Husada Politeknik KEMENKES dan berlangsung selama 2 hari yang diawali dengan seminar pada hari Sabtu, 4 Maret 2023 yang berlangsung selama 7 jam. Pada hari pertama, terdapat beberapa rangkain acara yaitu, pembukaan acara, sambutan-sambutan, pemaparan materi pertama mengenai “Tantangan Fisioterapis”, pemaparan materi kedua mengenai “Physiotherapy Management For Autism Spectrum Disorder”, pemaparan materi ketiga mengenai “Mikrobiologi Autisme”, dilanjut dengan ishoma, lalu pemaparan materi keempat mengenai “Intervensi Fisioterapi Pada Autis Spektrum Disorder”, dan ditutup dengan penutupan. Sedangkan pelaksanaan hari kedua dilaksanakan pada hari Minggu, 5 Maret 2023. Kegiatan lomba dilaksanakan selama 5 jam dan diawali dengan pembukaan acara, babak penyisihan, pengumuman hasil babak penyisihan, babak final, coffee break, dan pengumuman pemenang. Perlombaan ini diikuti oleh 22 Kelompok yang berasal dari beberapa perguruan tinggi dengan jurusan fisioterapi baik diploma tiga, diploma empat, maupun strata satu.

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_09.48.11.jpeg

Pada kesempatan ini, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta mengirimkan 2 tim yang terdiri atas D3 Fisioterapi dengan 3 personil yaitu, Bima Alfian Andaryanto, Lentera Langit Jingga, dan Lola Puspitasari. Sedangkan, dari S1 Fisioterapi yang juga beranggotakan 3 mahasiswa yaitu, Muhammad Daffa Ramadhianto, Jelita Putri Nabila, dan Amazing Grace Ayomihadi.

WhatsApp_Image_2023-03-14_at_09.47.58.jpeg

Informasi