• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Tinjauan Manajemen Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana: Penempatan Pembimbing Skripsi Semester Genap T.A. 2022/2023

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 Pebruari 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 448

FIKES UPNVJ - Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN “Veteran” Jakarta (Prodi Kesmas) melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dengan agenda penempatan dosen pembimbing Mata Kuliah Skripsi Semester Genap T.A. 2022/2023. Rapat dilaksanakan pada Jumat, 17 Februari 2023, Pukul 10.00 WIB secara daring melalui Zoom Meeting. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Prodi Kesmas, Bapak Arga Buntara, S.K.M., M.P.H. dan dihadiri oleh 13 dosen tetap.

WhatsApp_Image_2023-02-27_at_15.51.30.jpeg

Rapat diawali dengan penjabaran rekapitulasi jumlah peserta Mata Kuliah Skripsi Semester Genap T.A. 2022/2023. Terjadi ketidaksesuaian antara hasil pendataan yang dilakukan Prodi Kesmas pada awal tahun 2023 dan nama peserta yang tercatat di sistem akademik. Lalu, dilakukan persamaan persepsi mengenai tujuan skripsi, yakni membimbing para mahasiswa untuk dapat membuat penelitian dengan baik dan benar sesuai kaidah-kaidah penulisan ilmiah. Pelaksanaan penelitian untuk Mata Kuliah Skripsi tidak diwajibkan untuk menghasilkan kebaruan (novelty). Kemudian, Kepala Prodi Kesmas juga menyampaikan bahwa keterbatasan jumlah dosen tetap saat ini mengharuskan pengelola prodi menempatkan sebagian dosen tetap untuk membimbing mahasiswa yang tidak sesuai keilmuan spesifik masing-masing.

Pembahasan berikutnya adalah pemaparan penempatan pembimbingan Mata Kuliah Skripsi Semester Genap T.A. 2022/2023. Kepala Prodi Kesmas menjabarkan satu per satu dosen pembimbing yang diurutkan berdasarkan jabatan fungsional tertinggi dan alfabetik. Terdapat 14 dosen pembimbing yang masing-masing membimbing 5—7 peserta (total peserta adalah 87 mahasiswa). Setelah itu, dosen dipersilakan untuk mencapaikan masukan atau pendapat dan diskusi. Sebagai kesimpulan, terdapat beberapa mahasiswa yang perlu ditukar dan dipindahkan ke dosen pembimbing lain dengan keilmuan yang lebih sesuai.

Semoga pelaksanaan Mata Kuliah Skripsi Semester Genap T.A. 2022/2023 di Prodi Kesmas berlangsung lancar dan dapat menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat bagi semesta. (AB)

Informasi