• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pemberdayaan Masyarakat Penanggulangan Dasar Kegawatdaruratan di Masjid Istiqlal

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 13 Pebruari 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 473

FIKES UPNVJ - Pada hari Rabu tanggal 08 Februari 2023 telah dilaksanakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dengan tema Penanggulangan Dasar Kegawatdaruratan di Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Kota Jakarta Pusat, oleh 3 orang Mahasiswa Program Studi Profesi Ners yang berkolaborasi dengan  GD Dinkes DKI Jakarta yang saat ini berubah namanya menjadi PK3D (Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah) Mahasiswa tersebut adalah Kiana Alif Fatwa Supendi, S.Kep., Rifdah Camila, S.Kep., dan Geofunny Valeryta Dewi, S.Kep. Pemberdayaan masyarakat ini dihadiri oleh Bapak Ir. Her Pramtama MT., IAI selaku wakil kepala bidang (Wakabid) riayah Masjid Istiqlal, Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes., M.Kep selaku Dosen Praktik Profesi Keperawatan Elektif,  para tim instruktur dari Satpel Sumberdaya Pemberdayaan Masyarakat PK3D, dan Tim CI (Clinical Instruktur) mahasiwa di lapangan.

WhatsApp_Image_2023-02-13_at_08.11.16.jpeg

Pemberdayaan masyarakat ini diperuntukan untuk staff Masjid Istiqlal seperti Pengelola, Security, Marbot dan Cleaning Services. Kegiatan ini diawali dengan pengisian pre-test yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahun staff Istiqlal sebelum dilakukannya pemaparan materi kegawatdaruratan dasar dan di akhiri dengan post-test agar mengetahui evaluasi dari kegiatan pemberdayaan masyarakat ini.

WhatsApp_Image_2023-02-13_at_08.11.43.jpeg

Kegiatan pemberdayaan masyarakat dimulai pukul 08.30 WIB dibuka oleh tim instruktur dari PK3D dan dilanjutkan oleh Kiana Alif Fatwa Supendi, S.Kep menjelaskan tentang SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) dilanjutkan oleh Geofunny Valeryta Dewi, S.Kep menjelaskan tentang BHD (Bantuan Hidup Dasar) dan diakhiri oleh Rifdah Camila, S.Kep menjelaskan tentang penanganan luka dan patah tulang. Pada sesi materi, staff Masjid Istiqlal diberikan kesempatan untuk bertanya sehingga adanya diskusi. Setelah sesi materi selesai, akan dilanjutkan dengam sesi praktik, dimana staff Masjid Istiqlal berkesempatan untuk mencoba bagaimana melakukan bantuan hidup dasar yang tentunya didampingi oleh tim instruktur dari PK3D. Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini di tutup dengan penyampaian kesan dan pesan oleh Bapak Ir. Her Pramtama MT., IAI selaku wakil kepala bidang (Wakabid) riayah Masjid Istiqlal lalu dilakukan sesi foto bersama.

WhatsApp_Image_2023-02-13_at_08.10.51.jpeg

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya dengan tema Penangulangan Dasar Kegawatdaruratan ini, staff Masjid Istiqlal dapat menerapkannya di lingkungan Masjid Istiqlal apabila ada keadaan gawat darurat yang mengancam nyawa.

Informasi