• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Reading Journal “A potential method of identifying stroke and other intracranial lesions in a prehospital setting” di AGD Dinkes DKI Jakarta

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 13 Pebruari 2023
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 648

FIKES UPNVJ - Pada hari Senin tanggal 06 Februari 2023 telah dilaksanakan kegiatan Reading Journal dengan judul “A potential method of identifying stroke and other intracranial lesions in a prehospital setting” yang berlokasi di AGD Dinkes DKI Jakarta yang saat ini berubah namanya menjadi PK3D (Pusat Krisis dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah). Kegiatan Reading Journal ini berdiskusi mengenai analisa jurnal sesuai dengan kasus kegawatan pra-hospital yang sudah didapatkan sebelumnya. Diharapkan intervensi jurnal ini dapat diterapkan dalam menganalisis stroke sejak dini di pra-hospital yang telah dituangkan dalam SOP (Standar Operasional Prosedur). 

WhatsApp_Image_2023-02-13_at_07.56.43.jpeg

Kegiatan Reading Journal ini dihadiri Ns. Roma Radiah dan Ns. Uray Pardinan selaku Pengelola Keperawatan di PK3D, selain itu dihadiri juga oleh Ns. H. Agus Mansyah dan Ns. Dodimus selaku CI (Clinical Instruktur) mahasiswa di lapangan, serta dihadiri oleh Ns. Chandra Tri Wahyudi, M.Kes, M.Kep selaku Dosen Praktik Profesi Keperawatan Elektif dan 3 orang mahasiswa Program Studi Profesi Ners yaitu Kiana Alif Fatwa Supendi, S.Kep., Rifdah Camila, S.Kep., dan Geofunny Valeryta Dewi, S.Kep.

WhatsApp_Image_2023-02-13_at_07.56.00.jpeg

Kegiatan dimulai pada pukul 10.30 WIB yang langsung dibuka oleh mahasiswi UPN Veteran Jakarta Kiana Alif Fatwa Supendi, S.Kep sekaligus menyampaikan paparan mengenai intervensi yang baru yaitu mengenal tanda-tanda stroke sejak dini di pra-hospital dan penyampaian SOP mengenai mengenal tanda-tanda stroke sejak dini di pra-hospital diikuti oleh mahasiswi lainnya Rifdah Camila, S.Kep dan Geofunny Valeryta Dewi, S.Kep. Kemudian dilaksanakannya diskusi mengenai intervensi terbaru dalam jurnal dan penerapan yang sudah dilakukan oleh PK3D di lapangan dalam mengenali stroke. Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan doa dan foto bersama.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan Reading Journal ini, pelayanan pra-hospital dapat menerapkan intervensi mengenal tanda gejala stroke sejak dini sekaligus berkolaborasi dengan intervensi FAST untuk mengenali tanda-tanda stoke sehingga tidak terjadinya komplikasi stroke.

Informasi