• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Physioner International Webinar Physiotherapy “Introducing the Role of Physiotherapy in Health Community”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 17 Oktober 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 361

FIKES UPNVJ – Telah terselenggaranya kegiatan Physioner International Webinar Physiotherapy yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 yang diselenggarakan via online melalui Zoom Meeting dengan tema “Introducing the Role of Physiotherapy in Health Community”. Kegiatan Physioner International Webinar merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Departemen Akademik yang bertujuan untuk mengenalkan peran fisioterapi pada bidang kesehatan komunitas.

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.46.17.jpeg

Kegiatan ini berlamgsung dari pukul 08.15 WIB hingga 15.00 WIB dan dihadiri oleh lebih dari 200 peserta yang merupakan praktisi dan mahasiswa dari Indonesia maupun luar negeri. Physioner International Webinar Physiotherapy menghadirkan lima narasumber hebat di antaranya Bapak Virgorika Basuki Raharjo S.Ft, Dr. Charupa Lektip PT, Ph.D, Bapak Hilmy Zadah Faidullah M.Sc, Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc, AIFO, dan Dr. Khomkrip Longlalerng.

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.45.06.jpeg

Kegiatan ini dipandu oleh Aliah selaku Pembawa Acara yang merupakan mahasiswa aktif Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga UPN “Veteran” Jakarta Angkatan 2020. Kemudian kegiatan diawali dengan pembacaan Tata Tertib yang dibacakan oleh Pembawa Acara. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Fildzah Alifah Maulani selaku Ketua Pelaksana Physioner International Webinar Physiotherapy, Calvin Muhammad Akbar selaku Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta, Bapak Agustiyawan, SST. FT, M.Fis, Ftr, AIFO selaku Ketua Jurusan Fisioterapi UPN “Vetetan” Jakarta, dan Ibu Ns. Santi Herlina S.Kep, M.Kep, Sp.Kep MB selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama oleh seluruh peserta.

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.45.16.jpeg

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan Pemaparan Materi IFI oleh Bapak Virgorika Basuki Raharjo S.Ft dan penyerahan sertifikat pembicara oleh Pembawa Acara kepada Bapak Virgorika Basuki Raharjo S.Ft.. Kemudian acara dialihkan kepada Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO selaku Moderator pada kegiatan Physioner International Webinar Physiotherapy.

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.45.23.jpeg

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi pertama oleh Dr. Charupa Lektip PT, Ph.D selaku pembicara eksternal internasional dari Universitas Walailak Thailand mengenai “Health Community Service: The Holistic Strategy” dan dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Bapak Hilmy Zadah Faidullah M.Sc selaku pembicara eksternal nasional dari Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta mengenai “Physiotherapy in Community Health: Resillience Innovative Programs”.

Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab oleh peserta kepada pembicara pertama dan pembicara kedua yang dipandu oleh moderator dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pembicara. Kemudian acara dilanjutkan dengan coffee break. 

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.45.40.jpeg

Setelah coffee break acara dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga yang dibawakan oleh Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc, AIFO selaku pembicara internal dari UPN “Veteran” Jakarta mengenai “Pengenalan Fisioterapi Komunitas” dan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Khomkrip Longlalerng selaku pembicara eksternal internasional dari Universitas Walailak Thailand mengenai “Physical Therapy and Innovation for Disability in the Community: Teaching and Learning Process”.

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.45.51.jpeg

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator dan dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada pembicara. Kemudian acara diakhiri dengan pembagian doorprize kepada peserta yang aktif selama kegiatan berlangsung. (RDP/AM)

WhatsApp_Image_2022-10-17_at_10.50.30.jpeg

Informasi