• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Lepas Lulusan Profesi Ahli Madya Keperawatan, Ahli Madya Kesehatan, Profesi Ners dan Ahli Kesehatan Masyarakat dan, FIKES Kembali Lakukan Prosesi Angkat Sumpah

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 11 Oktober 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 279

FIKES UPNVJ – Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali melepas lulusan program studi profesi melalui prosesi angkat sumpah, pada hari Selasa (11/10) di Auditorium Tanah Airku. Dilakukan secara hybrid dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, prosesi diikuti oleh masing-masing perwakilan lulusan prodi D-3 Fisioterapi, D-3 Keperawan, S1 Kesehatan Masyarakat serta Profesi Ners.

WhatsApp_Image_2022-10-11_at_10.41.06.jpeg

Dekan FIKES UPNVJ, Prof.Dr.drg. Wahyu Sulistiadi mengatakan, “Angkat Sumpah ini merupakan kegiatan yang harus dilakukan sebelum lulusan terjun ke lapangan. “Para lulusan jangan lupa kembali ucapkan terimakasih kepada orang tua kalian yang telah berhasil mengantarkan kalian sampai jenjang ini, mintalah doa restu agar langkah berikutnya lebih baik lagi. Semoga bekal dan ilmu yang di dapatkan selama di UPNVJ dapat diterapkan di lingkungan masyarakat, jangan sampai putus komunikasi dengan almamater karna kami (fakultas) butuh kritik dan masukan yang membangun bagi FIKES untuk lebih baik lagi. Semoga lulusan dapat membawa nama baik UPNVJ sebagai kampus bela negara yang mengajarkan menjadi seorang pemberani, pengabdi, bertanggungjawab serta menjadi orang yang bermanfaat” ujarnya dalam sambutan.

WhatsApp_Image_2022-10-11_at_09.04.47.jpeg

Taufik Maryusman, S.Gz,.M.Pd.,M.Gizi selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, menyampaikan beberapa prestasi akademik yang diraih oleh mahasiswa dan dosen FIKES UPNVJ, diantaranya peraihan medali emas, perak dan perungu dalam perlombaan karya tulis ilmiah, poster ilmiah, essay, dan perlombaan lainnya yang jika di akumulasi hingga September ini sudah mencapai 44 prestasi nasional, 17 prestasi internasional, dan dalam kurun waktu 3 tahu terakhir telah mencapai 107 prestasi nasional dan 37 prestasi internasional serta mendapatkan Juara 1 kategori mahasiswa berprestasi terbanyak pada tahun 2021 di lingkunagn UPNVJ. Fakultas Ilmu Kesehatan akan terus melakukan berubahan dan perbaikan salah satunya dengan menambah kualifikasi dosen S3, serta pembangunan sarpras.

IMG_8311.JPG

Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Ners dan Ahli Madya Keperawatan dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Diklat DPW PPNI Provinsi DKI Jakarta Ns. Agung Tri Nugraha, S.Kep.,MARS . Selanjutnya untuk Pelantikan dan Angkat Sumpah Ahli Madya Kesehatan dilakukan oleh SekJen IAKMI DKI Jakarta ibu Narila Mutia, S.K.M.,M.K.m.,Ph.D, dan angkat sumpah untuk profesi Ahli Madya Kesehatan dilakukan oleh Bendahara Umum PP IFI  Bapak Suroso, Ftr. Setiap lulusan dari masing-masing program studi didampingi oleh rohaniawan sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

IMG_8317.JPG

Dalam acara ini juga dilakukan penyematan pin oleh masing-masing asosiasi profesi,  penandatanganan berita acara serta penyerahan sertifikat akad sumpah kepada masing-masing perwakilan tenaga kesehatan dari setiap asosiasi profesi oleh Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr.drg. Wahyu Sulistiadi, MARS.

IMG_8382.JPG

Ailsa nahda, A.md.Kes selaku perwakilan dari lulusan profesi Ahli Madya Fisioterapi menyampaikan dalam sambutannya bahwa “FIKES merupakan rumah kedua sebagai sekolah formal dan informal pengganti orangtua dirumah, kami sebagai lulusan tenaga Kesehatan siap mengabdi demi meningkatkam derajat kesehatan bangsa, FIKES selalu melakukan pembinaan dan membuka ruang untuk berprestasi serta kompetisi, mendukung  penuh kegiatan mahasiswa, Terimakasih kami ucapkan kepada keluarga, dosen dan jajarannya atas doa dan dukungannya kepada kami dalam menyelesaikan pendidikan sehingga proses akademik berjalan lancar dan semoga menjadi amal ibadah kalian semua”. Sebagai penutup Ailsa memberikan quote bahwa level kehidupan yg dialamai sekarang dapat anda diubah dimulai dari sekarang dan sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesame.

IMG_8358.JPG

Diakhir acara, bapak Dr. Antar Venus Wakil Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya menyampaikan bahwa angkat sumpah adalah peristiwa penting khususnya bagi tenaga kesehatan agar mengetahui kode etik sehingga dapat bersikap profesional, kolaboratif, menjaga kepercayaan, amanah dan rahasia (bidang psikologis), Angkat Sumpah ini juga  ini juga sebagai panduan dan pijakan  bagi kita dalam menjalankan tugas-tugas profesi ke depan. Dalam lembaga survey opini publik pada tahun 2021 bersamaan dengan pandemic dijelaskan bahwa ternyata tenaga kesehatan menjadi profesi paling dipercaya oleh masyarakat , hal  dapat dijadikan sebagai modal untuk para lulusan dalam mencari pekerjaan maupun sebagai pengabdian dalam masyarakat.

IMG_8369.JPG

Informasi