• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Festival An-Nahl “Show Your Best Color in the Month of Glory of Rasulullah SAW”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 25 Oktober 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 393

FIKES UPNVJ -  Nama kegiatan ini adalah Festival An-Nahl oleh Kelompok Studi Mahasiswa Islam (KSMI) An-Nahl Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta tahun 2022. Festival An-Nahl memiliki 2 rangkaian kegiatan, yaitu Lomba Poster dan Kajian Maulid yang juga sebagai rangkaian penutup dari Festival An-Nahl. Tema dari kegiatan ini yaitu “Hijrah Nabi Muhammad SAW membawa perubahan besar dalam membentuk generasi yang unggul untuk agama, bangsa dan negara”. Festival An-Nahl merupakan salah satu program kerja dari Divisi Sosial Keumatan KSMI An-Nahl dengan tujuan meningkatkan semangat seluruh mahasiswa di Indonesia untuk senantiasa berpikir kreatif sebagai bagian dalam pembentukan karakter dan meningkatkan pengetahuan akan sebuah makna dari bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

AN_NAHL5.jpg

Lomba Poster adalah rangkaian pertama sekaligus pembuka dari Festival An-Nahl dengan tema lomba, yaitu “Show Your Best Color in the Month of Glory of Rasulullah SAW” yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Oktober 2022 - 22 Oktober 2022. Lomba Poster diikuti oleh peserta berjumlah 69 peserta yang terdiri dari mahasiswa UPNVJ dan mahasiswa umum se-Indonesia.

AN_NAHL3.jpg

Kajian Maulid adalah rangkaian penutup dari Festival An-Nahl dengan tema “Kreativitas Pemuda Bangsa Dalam Menjunjung Tinggi Perjuangan Rasulullah SAW” dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Oktober 2022 dan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting pukul 08.00 - 11.20 WIB. Kajian Maulid dihadiri oleh peserta yang berjumlah 67 peserta yang terdiri dari dekanat, pembina KSMI An-Nahl, serta  kalangan mahasiswa UPNVJ dan mahasiswa umum se-Indonesia.

AN_NAHL4.jpg

Kajian Maulid ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam 20 menit yang diawali dengan pembukaan oleh MC serta penyebaran BroadCast untuk pengisian link absensi, memutar dan mendengarkan sholawat Mahalul Qiyam, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, pembacaan tilawah dan saritilawah, sambutan dari ketua pelaksana Kajian Maulid, ketua umum KSMI An-Nahl, dan Dekan FIKES UPNVJ yaitu Bapak Prof. Dr. drg. Wahyu Sulistiadi, MARS. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi foto bersama, selanjutnya masuk ke dalam pemaparan materi oleh narasumber kegiatan Kajian Maulid yaitu Ustaz Muhammad Edgar Hamas (Komisaris Penerbit GenSa Berilmu). Sesudahnya dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, lalu berlanjut ke sesi kuis yang dipandu oleh MC, setelah sesi kuis MC mengumumkan pemenang lomba poster Festival An-Nahl dan pemenang kuis, dan terakhir ditutup dengan pembacaan doa penutup oleh panitia, penutupan oleh MC dan pengisian link evaluasi Kajian Maulid.

Informasi