• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

RAPAT AIPTKMI REGIONAL DKI JAKARTA, JAWA BARAT, & BANTEN

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 09 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 394

FIKES UPNVJ - Pada Selasa, 23 Agustus 2022, telah dilaksanakan Rapat Pertemuan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) Regional DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten secara luring di Ruang Promosi Doktor Gedung G Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Rapat ini mengundang perwakilan dari 33 institusi pendidikan tinggi sarjana kesehatan masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana diwakili oleh Bapak Arga Buntara, SKM, MPH.

WhatsApp_Image_2022-09-09_at_15.17.03.jpeg

Rapat dibuka oleh Dekan FKM UI, yakni Prof. dr. Mondastri Korib Sudaryo, MS, DSc, dan Ketua AIPTKMI Regional DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, yakni Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc. Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dari semua perwakilan institusi yang hadir. Kemudian, terdapat sesi penguatan terhadap pemahaman Kurikulum Nasional Pendidikan Sarjana Kesehatan Masyarakat yang terbaru, dipandu oleh Ibu Fajar Ariyanti, S.K.M., M.Kes., Ph.D.

WhatsApp_Image_2022-09-09_at_15.17.27.jpeg

Setelah sesi istirahat siang, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Dien Anshari, S.Sos., M.Si., Ph.D mengenai Branding Kesehatan Masyarakat. Beliau menekankan bahwa mahasiswa kesehatan masyarakat dapat berperan sebagai brand ambassador kesehatan masyarakat karena memiliki emosi yang positif, sense of heroism, dan aktif terlibat dalam berbagai organisasi sehingga akan mudah diterima oleh siswa SMA sebagai sasaran branding. Lalu, melalui Zoom Meeting, Prof. Dr. Agus Suwandono dari INDOHUN memaparkan materi mengenai Konsep One Health. Dalam kesempatan tersebut, beliau menekankan bahwa kesehatan manusia, hewan, dan ekosistem saling terkoneksi di antara ketiganya dan juga sektor lain yang terkait. Hal itu juga meliputi pendekatan yang mengedepankan koperasi, koordinasi, komunikasi, dan kolaborasi (4K) antardisiplin dan antarsektor untuk mengantisipasi potensi risiko dan mengendalikan zoonosis yang berasal dari interface antara hewan, manusia, dan ekosistem. Kegiatan rapat diakhiri dengan sesi diskusi mengenai surat keputusan kepengurusan dan pelantikan pengurus AIPTKMI Regional DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Harapannya, kegiatan rapat atau pertemuan ini dapat dilaksanakan secara rutin untuk memperkuat komunikasi dan solidaritas antarpengurus AIPTKMI Regional DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. (AB)

WhatsApp_Image_2022-09-09_at_15.17.18.jpeg

Informasi