• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pembekalan Pelaksanaan Skripsi Semester Ganjil T.A. 2022/2023 Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 27 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 290

FIKES UPNVJ - Pada Kamis, 15 September 2022, Pukul 8.30 WIB, telah dilaksanakan Pembekalan Pelaksanaan Mata Kuliah Skripsi Semester Ganjil T.A. 2022/2023 di Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Prodi Kesmas) UPN “Veteran” Jakarta. Pembekalan diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting. Pembekalan dipandu oleh Ahid Nur Hidayati (NRP: 1910713030) selaku pembawa acara. Prodi Kesmas mengundang semua peserta Mata Kuliah Skripsi Semester Ganjil T.A. 2022/2023 dan calon peserta pada semester berikutnya serta para dosen tetap Prodi Kesmas. Peserta dari unsur mahasiswa yang hadir mencapai 107 mahasiswa.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.12.38.jpeg

Pembekalan diawali dengan presentasi mengenai Garis Besar Pelaksanaan Skripsi Semester Ganjil T.A. 2022/2023 oleh Kepala Prodi Kesmas, yakni Bapak Arga Buntara, SKM, MPH. Dalam sesi ini, dijelaskan mengenai bobot SKS, distribusi peserta, mekanisme pembimbingan skripsi, penjagaan kualitas, pelaksanaan seminar proposal dan sidang hasil akhir, serta lini masa. Sesi berikutnya, Ibu Dr. Laily Hanifah, SKM, M.Kes. menjelaskan mengenai Komponen Skripsi. Dalam sesi tersebut, beliau menjelaskan setiap komponen penting dan esensi dari Bab I Pendahuluan hingga Bab V Penutup (Simpulan & Saran). Sesi materi ketiga, yakni Plagiarisme dan TurnItIn, disampaikan oleh Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM. Ibu Chahya menekankan urgensi setiap peserta skripsi untuk dapat memahami tindakan plagiarisme dan dampaknya serta mekanisme pengecekan plagiarisme di Prodi Kesmas. Pada sesi materi keempat, Ibu Lisye Maulina, S.IP dari Ruang Baca Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta berkesempatan untuk menjelaskan Format Penulisan Skripsi sesuai dengan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah bagi Dosen dan Mahasiswa UPN “Veteran” Jakarta. Setelah itu, diadakan sesi tanya-jawab yang pertama.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.12.50.jpeg

Pada sesi materi kelima, Ibu Dr. Apriningsih, SKM, MKM menyampaikan materi Mempersiapkan Publikasi di Jurnal Ilmiah. Beliau menjelaskan tahapan mempublikasikan karya ilmiah dan sistematika penulisan artikel ilmiah yang baik. Materi yang disampaikan oleh Ibu Apri sangat penting untuk memacu mahasiswa berkontribusi aktif dalam meningkatkan keluaran publikasi ilmiah dari Prodi Kesmas. Materi terakhir disampaikan oleh Ibu Dr. Novita Dwi Istanti, SKM, MARS, yakni Parafrase dalam Karya Ilmiah. Pada sesi ini, Bu Ista menyampaikan teknik-teknik parafrase dan prinsip-prinsip penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan parafrase. Kemudian, sesi tanya-jawab yang kedua dilaksanakan.

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.13.02.jpeg

Melalui pembekalan ini, diharapkan seluruh peserta Mata Kuliah Skripsi pada Semester Ganjil T.A. 2022/2023 dan para calon peserta pada Semester Genap T.A. 2022/2023 dapat memahami alur pembuatan skripsi dengan baik sehingga akan menghasilkan produk ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat umum. (AB)

*Rekaman pembekalan dapat diakses melalui:

https://bit.ly/RekamanPembekalanSkripsiKesmasGanjil2022-2023

*Materi pembekalan dapat diakses melalui:

https://bit.ly/MateriPembekalanSkripsiGanjil2022-2023

Informasi