• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Audit Mutu Internal Tahun 2022 Pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 27 September 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 375

FIKES UPNVJ - Pada Senin, 29 Agustus 2022, telah dilaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Prodi Kesmas) UPN “Veteran” Jakarta. AMI dilaksanakan secara luring di Ruang Rapat Fakultas Ilmu Kesehatan UPN “Veteran” Jakarta dan dimulai pada Pukul 7.00 WIB. Pelaksanaan AMI dihadiri oleh tim auditor yang terdiri dari Ibu dr. Erna Harfiani, M.Si selaku ketua dan Bapak Ferdyanto, ST, MT selaku anggota. Tim Prodi Kesmas yang hadir antara lain Bapak Arga Buntara, SKM, MPH (Kepala Prodi Kesmas), Ibu Nayla Kamilia Fithri, SKM, MPH (Sekretaris Prodi Kesmas), Ibu Azizah Musliha Fitri, SKM, MPH (Kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat), dan Ibu Chahya Kharin Herbawani, S.Keb., Bd., MKM (Gugus Kendali Mutu Prodi Kesmas).

WhatsApp_Image_2022-09-27_at_09.03.14.jpeg

AMI dibuka oleh Kepala Prodi Kesmas diikuti dengan perkenalan dari tim Prodi Kesmas. Kemudian, Ketua Auditor memberikan sambutan dan menjelaskan prosedur dalam pelaksanaan AMI. Pelaksanaan AMI difokuskan pada perbaikan dari temuan AMI tahun 2021. Dari setiap butir temuan tahun 2021, auditor mengklarifikasi tindak lanjut atau perbaikan yang telah dilakukan atau sedang dilakukan oleh Prodi Kesmas. Semua bukti dokumen yang diperlukan telah diunggah dalam tautan folder khusus yang sebelumnya juga sudah dapat diakses oleh tim auditor. Melalui pemeriksaan dokumen, masih ditemui beberapa tantangan yang perlu diperbaiki oleh Prodi Kesmas ke depan, antara lain ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen tetap yang belum memenuhi rasio yang diharapkan, jumlah SDM dosen tetap berlatar pendidikan S3/Doktor yang masih di bawah 50%, ketersediaan modul praktikum yang belum lengkap, dan isu kalibrasi peralatan laboratorium.

Di akhir, tim auditor menyampaikan kesimpulan dari pelaksanaan AMI dan memberikan rekomendasi perbaikan/tindak lanjut kepada Prodi Kesmas. Tim auditor menekankan bahwa proses AMI ini merupakan proses untuk membantu setiap prodi, dalam hal ini Prodi Kesmas, untuk memperbaiki mutu pelayanan kepada masyarakat, khususnya para mahasiswa. AMI ditutup dengan pernyataan dari Kepala Prodi Kesmas dan foto bersama. Diharapkan rekomendasi dari tim auditor AMI 2022 dapat dilaksanakan oleh Prodi Kesmas dengan baik untuk perbaikan mutu pelayanan. (AB)

Informasi