• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

WEBINAR Seri 3: Kenali, Pahami, dan Cegah Diare Sejak Dini

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 Juli 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 412

FIKES UPNVJ — Telah dilaksanakan kegiatan WEBINAR Kesehatan Masyarakat Seri 3: Kenali, Pahami, dan Cegah Diare Sejak Dini yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 24 Juni 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 11:20 WIB. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat umum agar mampu memahami dan mencegah kejadian diare sebagai salah satu upaya mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Webinar seri kali ini  dihadiri oleh 672 peserta yang berasal dari berbagai kalangan dan daerah di Indonesia.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.39.47.jpeg

Kegiatan Webinar Seri 3 ini dipandu oleh Bagus Aprianto, mahasiswa aktif Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019 selaku MC. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan oleh MC dan pengisian pre-test, mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, sesi foto bersama, dan dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Ketua Pelaksana Webinar Seri 3, Ketua HMKM periode 2022/2023, Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta, dan Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan MC memperkenalkan moderator, yakni Ratu Wavia Nadiarta, mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana UPN Veteran Jakarta angkatan 2019. Kemudian, moderator membuka sesi pemaparan pertama dengan membacakan CV dari pembicara pertama, yaitu Ibu Dr. dr. Alpha Fardah Athiyyah, Sp.A(K), selaku Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) FK Universitas Airlangga yang membawakan materi mengenai “Acute Diarrhea in Children”.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.39.56.jpeg

Moderator kemudian membuka sesi pemaparan kedua dengan terlebih dahulu membacakan CV dari pembicara kedua, yaitu Ibu Dr. Yuni Sufyanti Arief, S. Kep, M. Kes, selaku Dosen Keperawatan Universitas Airlangga. Dr. Yuni membawakan materi mengenai “Pertolongan Pertama Diare Pada Anak”.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.40.03.jpeg

Kemudian, acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan ketiga oleh Yuri Nurdiantami, S. Farm., Apt., MPH, selaku Dosen Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta yang membawakan materi mengenai “Faktor Resiko Diare Pada Anak”.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.40.10.jpeg

Selanjutnya, dilakukan sesi pemaparan terakhir oleh Natasya Anggraeni Azis, selaku mahasiswi Kesehatan Masyarakat UPN Veteran Jakarta yang membawakan materi mengenai “Pencegahan dan Penanganan Diare, Serta Peran Setiap Kalangan dalam Mengatasi Diare Pada Anak”.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.39.40.jpeg

Sebelum acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab untuk pembicara kedua, ketiga, dan keempat, dilakukan sesi ice-breaking terlebih yang bertujuan untuk meringankan suasana. Setelah sesi ice-breaking selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang dipimpin oleh moderator. Setelah itu, acara ditutup dengan MC mengimbau para peserta untuk mengisi post-test dan evaluasi sebagai syarat mendapatkan sertifikat sebelum MC menutup acara.

Informasi