• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Juli 2022

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 13 Juli 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 316

FIKES UPNVJ - Pada Selasa, 12 Juli 2022 Pukul 9.00 WIB, dilaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana secara daring melalui Zoom Meeting. Agenda pembahasan dalam rapat ini adalah pembahasan konsep dan teknis pelaksanaan Ujian Penempatan Peminatan (Placement Test) bagi mahasiswa aktif angkatan 2020. Rapat ini dipimpin langsung oleh Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana (Kaprodi Kesmas), Bapak Arga Buntara, SKM, MPH, dan dihadiri oleh 12 dosen tetap. Keseluruhan dosen yang hadir dalam rapat ini merupakan bagian dari Tim Pelaksana Ujian Penempatan Peminatan.

WhatsApp_Image_2022-07-13_at_14.06.55.jpeg

Rapat dimulai dengan ulasan Kurikulum Kampus Merdeka 2020 (KKM 2020) yang membuka kesempatan Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana untuk dapat membuka lima peminatan, yakni Administrasi & Kebijakan Kesehatan (AKK), Epidemiologi (Epid), Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3), Kesehatan Lingkungan (Kesling) dan Kesehatan Reproduksi (Kespro). Selanjutnya, diulas mengenai hasil survei peminatan yang difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HMKM) UPNVJ yang menyatakan bahwa untuk prioritas pertama pilihan peminatan, K3 menempati peringkat pertama, sedangkan untuk prioritas kedua pilihan peminatan, AKK menempati peringkat pertama.

WhatsApp_Image_2022-07-13_at_14.07.15.jpeg

Namun, pembukaan peminatan pada Tahun Ajaran 2022/2023 menemui beberapa isu. Isu-isu tersebut antara lain terjadi peningkatan signifikan bagi pemilih peminatan K3 sebagai prioritas pertama, terdapat dosen peminatan K3 yang akan tugas belajar, dan rerata Ekuivalensi Waktu Mengajar Penuh (EWMP) Program Studi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana yang melebih dari batas maksimal 16 SKS per semester. Maka, pelaksanaan Ujian Penempatan Peminatan menjadi solusi untuk menyelesaikan kendala-kendala tersebut. Berdasarkan kesepakatan, ujian akan dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022 secara luring (offline) di Kampus Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, Limo, Kota Depok. Sebelumnya, akan diadakan pengarahan kepada mahasiswa aktif angkatan 2020 pada Jumat, 15 Juli 2022 secara daring.

Pelaksanaan Ujian Penempatan Peminatan diharapkan dapat menjadi solusi yang adil di tahun-tahun berikutnya dan dapat terlaksana dengan lancar. (AB)

Informasi