• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

International Webinar Physiotherapy Women’s Health “Physiotherapy Role in Dysmenorrhea for Wellness and Fertility”

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 04 Juli 2022
  • Penulis : Devi Puspita Sari, S.Komp
  • Hits : 483

FIKES UPNVJ - Kegiatan International Webinar Physiotherapy Women’s Health telah dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 26 juni 2022. Kegiatan International Webinar Physiotherapy Women’s Health dengan tema “Physiotherapy Role in Dysmenorrhea for Wellness and Fertility” yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisioterapi Program Sarjana (HISFO) Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Acara ini diketuai oleh Varsha Ravita dan Shahnaz Mashia Syaharani selaku wakil ketua pelaksana. Nisyanti Yahya selaku pembawa acara dan Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO selaku moderator pada hari pertama sedangkan untuk moderator pada hari kedua yaitu Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc, AIFO. Acara ini dilaksanakan untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai permasalahan kesehatan yang terjadi pada wanita.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.10.51.jpeg

Webinar Physiotherapy Women’s Health dihadiri oleh 160 peserta terdiri dari praktisi fisioterapi, dosen, mahasiswa fisioterapi, dan mahasiswa internasional yang berasal dari Malaysia, Jordan, Mesir, Turki, Jerman dan beberapa provinsi di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Bali, dan Sulawesi. Pada hari pertama acara ini dibuka oleh pembawa acara dilanjutkan dengan doa,  mendengarkan  lagu Indonesia Raya dan Mars Bela Negara, serta  melakukan sesi foto bersama. Kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan dilakukan oleh Varsha Ravita selaku ketua pelaksana, M Daffa Ramadhianto selaku ketua HISFO, Bapak Heri Wibisono, AMd.Ft, S.Pd, M.Si, AIFO selaku Kepala Program Studi Fisioterapi Program Sarjana, dilanjutkan oleh sambutan Ketua Jurusan Agustiyawan, SST.FT, M.Fis, Ftr, AIFO serta dibuka oleh Dr. drg. Wahyu Sulistiadi MARS Selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta. Kemudian dilanjut oleh penyerahan pembawa acara kepada Ibu Fidyatul Nazhira, S.Fis, Ftr, M.Fis, AIFO selaku moderator, selanjutnya moderator membacakan CV Bapak Muhammad Irfan, S.Ft, SKM, M. Fis selaku Sekretaris Jenderal IFI dan dilanjutkan dengan pemaparan pertama yaitu materi organisasi.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.07.18_(1).jpeg

Selanjutnya pemaparan materi kedua dipaparkan oleh Ibu Faizah Abdullah, S.St.Ft., S.Ft., M.Biomed dengan tema Detection of Dysmenorrhea with Signs and Symptoms of Low Back Pain. Dilanjut sesi tanya jawab dan kemudian moderator menyampaikan kesimpulan dari pemaparan materi yang dibawakan oleh kedua pemateri. Kemudian moderator menyerahkan acara kepada pembawa acara, acara dilanjutkan dengan games session. Setelah sesi kuis selesai kemudian pembacaan pemenang kuis dilanjut dengan penutupan acara.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.08.59.jpeg

Pada Minggu, 26 Juni 2022 telah dilaksanakan kegiatan International Webinar Physiotherapy Women’s Health hari kedua, webinar dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh pembawa acara yaitu Nisyanti Yahya dan Ibu Farahdina Bachtiar, S.Ft, Physio, M.Sc,AIFO selaku moderator. Setelah sesi foto bersama dilakukan penyerahan pembawa acara kepada Ibu Farahdina Bachtiar, S,Ft, Physio, M.Sc, AIFO selaku moderator, selanjutnya moderator membacakan CV dari Ibu Purnamadyawati, SST,Ft, SKM, M. Fis selaku pembicara internal UPNVJ dan dilanjutkan dengan membawakan materi pertama yaitu Physiological Changes in Women with Dysmenorrhea.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.08.32.jpeg

Kemudian pemaparan materi kedua dibawakan oleh Dr. Salila Cetthakrikul, Ph.D Physical Therapy Department School of Allied Health Sciences Walailak University, Thailand.  dengan membawakan tema Exercise Prescription for Dysmenorrhea Condition. Lalu dilanjutkan oleh sesi tanya jawab, kemudian moderator memberikan kesimpulan terkait materi yang dipaparkan oleh kedua narasumber dan menyerahkan sertifikat kepada narasumber. Setelah penyerahan sertifikat dilakukan, moderator kembali menyerahkan kegiatan acara selanjutnya kepada pembawa acara.

Selanjutnya pembawa acara mengarahkan 3 peserta terbaik Call for Paper untuk melakukan presentasi, peserta pertama bernama Ailsa Nahda Ahnafa membawakan materi terkait The Relationship of Dynamic Balance with The Risk of Injury in Amateur Volleyball Players at Jakarta Volleyball Club. Peserta Call for Paper selanjutnya adalah Nabila Rubianti melakukan presentasi dengan membawakan materi The Relationship of Agility and Vertical Jump Ability on Basketball Players in Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta. Peserta Call for Paper terakhir bernama Miftahul Zannah yang membawakan materi dengan tema Abdominal Stretching Exercise and Hot Pack to Decrease Pain Dysmenorrhea.

WhatsApp_Image_2022-07-04_at_10.06.36_(2).jpeg

Setelah peserta Call for Paper selesai melakukan presentasi, kegiatan selanjutnya adalah game session dan pembacaan pemenang kuis serta penanya terbaik pada hari pertama dan kedua. Kegiatan International Webinar Women’s Health pada hari Sabtu 25 s.d. Minggu, 26 Juni 2022 telah selesai dilaksanakan, secara keseluruhan acara berlangsung dengan lancar dan bisa ditingkatkan lagi untuk kegiatan berikutnya

Informasi